Pola Makan Sehat yang Bikin Panjang Umur

Loading...

SUARASIBER – Pola makan sehat tak hanya membuat tubuh selalu bugar, dan jauh dari penyakit. Akan tetapi juga membuat usia lebih panjang, dan tetap sehat. Seperti yang terlihat pada Perdana Menteri Malaysia Dr Mahathir Mohamad.

Dialah pemimpin tertua di dunia. Usianya kini sudah sekitar 92 tahun. Namun, fisiknya masih seperti usia 60-an tahun. Dia juga selalu terlihat bugar, dan cerdas.

Mahathir dalam berbagai kesempatan sudah mengungkapkan, bahwa rahasianya bisa awet muda, panjang umur, dan tetap sehat sangat sederhana, yakni menjaga pola makan yang sehat.

Sehat yang dimaksudkannya, adalah dia hanya makan secukupnya, dan berhenti makan sbelum kenyang. Selain itu, Mahathir juga tidak merokok, dan tidak minum alkohol.

Baca Juga:

Fakta Menarik tentang Uki Noah dan Metha Yunatria

Warga Lingga, Kepri, Berhasil Ciptakan Batako Lipstik

2020, Kemendesa Targetkan Ada 10.000 Desa Wisata

Perawatan Rambut Keriting Cara Alami yang Benar

Sikap hidup Mahathir terlihat berbeda dengan gaya hidup pria masa kini. Yang bangga jika perutnya buncit, dengan alasan buncit melambangkan kemakmuran. Dan, kurus melambangkan kemiskinan.

Kita semua bebas memilih. Bisa memilih akan mengikuti gaya Mahathir atau gaya pria muda era milenial.

Jika ingin memilih sehat bugar, dan panjang umur disertai juga dengan menepikan pola hidup yang tak sehat. Seperti, merokok, minum alkohol atau begadang. Di samping dengan mengatur pola makan sehat, seperti di bawah ini.

Pola Makan Sehat Butuh Protein

tips hidup sehat

Senyawa yang terpenting yang diperlukan semua makhluk, juga virus, adalah protein. Yang perannya sangat banyak. Semua sel yang ada di dalam tubuh memerlukan protein sebagai penunjangnya.

Mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, tak cuma membuat tubuh selalu bugar, dan sehat. Tapi juga menjaga keseimbangan berat badan.

Makanan berprotein tinggi bisa diperoleh di sekitar kita dengan mudah. Ada yang mahal seperti daging tanpa lemak, tapi ada juga yang murah seperti telur, kacang-kacangan, kentang, dan ikan.

Selain itu susu, oatmeal, dan tetumbuhan berbiji juga mengandung banyak protein. Yang berguna untuk semua sel tubuh manusia.

Mengonsumsi Lemak Baik

Disebut lemak baik atau lemak tak jenuh (tunggal, dan ganda), karena membawa kebaikan bagi tubuh manusia. Selain memberikan energi juga menyehatkan jantung.

Beda sekali dengan lemak jahat, yang justru membuat kesehatan tubuh kita bermasalah. Lemak jahat memancing berkembangnya kolesterol buruk di tubuh.

Jika benar-benar ingin sehat mau tak mau kita harus tahu makanan yang sumber lemak baik, dan lemak jahat.

Di antara makanan yang menghasilkan lemak baik, adalah daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan bijian serta minyak zaitun dengan minyak biji anggur.

Selain itu, alpukat, sayuran hijau, makanan dari kedelai, dan ikan tuna. Kemudian, ikan salmon, dan ikan makerel, yang baik untuk pola makan sehat.

Sedangkan makanan yang menjadi sumber lemak jahat, antara lain, lemak daging, kelapa, dan makanan olahan dengan minyak kelapa. Seperti keripik, biskuit, dan lainnya. Termasuk, krim dan mentega.

Pilih karbohidrat kompleks

vitamin kesehatan tubuh

Disebut dengan karbohidrat kompleks karena tubuh perlu waktu lebih lama untuk mencernanya. Sebab susunan kimia karbohidrat ini memang lebih kompleks.

Namun, karena lebih kompleks, dan butuh waktu lama dicerna. Maka, para ahli menilai asupan makanan dari unsur karbohidrat komplek lebih sehat.

Apalagi, karbohidrat kompleks memiliki kandungan gizi lebih lengkap. Ada vitamin kesehatan tubuh, serat juga ada mineral. Selain memang sebagai sumber energi.

Karbohidrat kompleks ini dibagi dalam dua macam, yakni pati, dan serat. Maksudnya, disebut dengan karbohidrat kompleks pati, karena kandungan patinya lebih banyak.

Sebaliknya, yang serat karena kandungan seratnya yang lebih banyak. Sumber makanan dengan karbohidrat kompleks yang seratnya lebih banyak, antara lain gandum, kacang-kacangan, dan sayuran. Kemudian, buah-buahan, dan biji-bijian.

Sedangkan yang patinya lebih banyak antara lain, kentang, jagung, dan nasi. Begitu juga sereal, roti, dan oat. Dengan asupan karbohidrat kompleks yang baik, kesehatan tubuh kita menjadi lebih baik.

Makanan Berserat untuk Pola Makan Sehat

Tubuh kita memerlukan makanan yang mengandung serat seperti disebut di atas. Sebab, serat berguna untuk pencernaan makanan di perut kita. Selain juga untuk mengendalikan gula darah dengan pola makan sehat.

Sejumlah asupan makanan kita sudah mengandung serat. Secara garis besarnya ada tiga sumber sayur, dan buah serta kacang-kacangan. Kemudian yang berasal dari biji-bijian, seperti berah merah, dan oatmeal.

Yang berasal dari buah-buahan, antara lain pisang, mangga, dan apel. Kemudian, jeruk, buah pir, dan lainnya.

Sedangkan yang dari sayur-sayuran, antara lain kacang panjang, bayam, selada, dan brokoli. Kemudian, labu, jamur, kentang, dan asparagus.

Hindari Kebiasaan Makan Tidak Sehat

minuman kesehatan

Selain mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat seperti di atas, perlu disertai juga dengan menghindari kebiasaan makan yang tidak sehat.

Seperti, makan cemilan dari pagi hingga tengah malam. Apalagi, makan cemilan tengah malam sambil nonton televisi. Makan sambil terburu-buru juga perlu dihindari. Hindari juga makan saat sedang emosi tinggi sebagai salah satu tips hidup sehat.

Di samping itu hindari juga sejumlah makanan yang tidak sehat. Seperti, makanan siap saji, makanan dari daging olahan, dan makanan minuman yang disertai dengan penambahan gula.

Kemudian, makanan dengan penambahan garam yang berlebih, dan mengandung banyak minyak sayur. Apalagi, yang mengandung banyak penyedap rasa.

Mengonsumsi makanan cepat saji, sebaiknya juga perlu dikurangi. Agar, tubuh kita selalu bugar tapi tetap sehat. Dan, disertai dengan minuman kesehatan.

Tidak perlu harus dilakukan secara mendadak, tapi harus tetap dimulai. Memulai hidup sehat dengan gizi seimbang melalui pola makan sehat. (mat)

Loading...