Perlindungan Anak Demi Kualitas Generasi Penerus

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Perlindungan anak ternyata erat sekali dengan tumbuh kembangnya generasi penerus yang berkualitas. Tak heran jika tema peringatan Hari Anak Nasional 2019 ialah Peran Keluarga dalam Pelindungan Anak.

perlindungan anak
Foto – humas kepri

Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah mengatakan, anak menjadi harapan dan tumpuan bangsa. Maka dari itu pendidikan sangatlah penting untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Selain pendidikan formal dan non formal, keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Oleh karena itu dengan perlindungan keluarga diharapkan akan tumbuh anak-anak berkualitas yang akan menentukan Indonesia menjadi bangsa yang kuat,” ujar Arif saat memberikan pengarahan pada acara Peringatan Hari Anak Nasional dan Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019 di Lapangan Pamedan, Tanjungpinang, Selasa (6/8/2019).

Hadir pada kesempatan ini Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahmah. Lalu Deputi Keluarga Berencana BKKBN Pusat Dwi Listi Wardani, Perwakilan FKPD Provinsi Kepri, Ketua BKOW Provinsi Kepri Hj Rosmery Isdianto. Juga Ketua DWP Provinsi Kepri Hj. Rismarini Arif Fadillah serta perwakilan sekolah-sekolah dari Tanjungpinang.

Letak Geografis Kepri yang berbatasan dengan negara tetangga menurut Arif bisa berdampak negarif. Apalagi jumlah penduduknya 2 juta jiwa, 32 persen diantaranya anak-anak.

“Ini merupakan tanggung jawab yang besar bagi kita untuk melindungi anak, bekali dengan iman dan takwa,” pesan Arif.

Baca Juga:

Batu Granit di Hutan Lindung Gunung Kijang Dijarah

Capaska Tanjungpinang Masih Terus Diingatkan Soal Narkoba

Wabup Anambas Ingin PP Terus Berikan Ide Berkualitas

Surah Al Alaq Motivasi Alias Wello untuk Terus Kuliah

Menutup sambutannya, Arif mengucapkan terimakasih atas kerjasama semua Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau. Karena ketujuh kabupaten kota se Provinsi Kepri akhirnya mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLH).

Tak hanya ketujuh Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi Kepri juga mendapat penghargaan sebagai Provinsi Penggerak Pengembangan Kota Layak Anak di Indonesia.

Makna HAN adalah Perlindungan Anak

Foto – humas kepri

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kepri Misni mengatakan HAN setiap tahunnya harus bermakna. Maknanya adalah pentingnya perlindungan anak Indonesia.

“Agar anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal,” kata Misni.

“Doronglah keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan anak. Sehongga lahir generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria. Serta berakhlak mulia dan cinta tanah air,” tambah Misni.

Selain Peringatan Hari Anak kegiatan ini juga disejalankan dengan Peringatan Hari Keluarga dan Hari Kesatuan Gerak PKK. Ada penyerahan penghargaan kepada sekolah, instansi pemerintah serta swasta. Mereka dianggap peduli terhadap perlindungan anak dan dikemas dengan berbagai games yang menghadirkan berbagai hadiah menarik.

Baik Arif dan Misni mengulangi mengingatkan pentingnya perlindungan anak. (mat)

Loading...