free page hit counter

Perawatan Rambut Keriting Cara Alami yang Benar

SUARASIBER – Perawatan rambut keriting tentu berbeda dengan merawat rambut lurus. Bahkan tak persis sama dengan merawat rambut ikal. Rambut jenis ini sebenarnya memiliki daya tarik yang luar biasa ketika pemiliknya mampu merawat. Merawat dengan cara benar akan membuat mahkota terlihat indah.

Tentu tak ada yang bisa memilih ingin dilahirkan dengan rambut lurus atau keriting. Ada orang tua yang rambutnya lurus memiliki anak berambut keriting dan sebaliknya. Meski tak banyak, namun hal ini seharusnya menjadikan kita tetap bersyukur. Mau diberi rambut ikal, rambut keriting atau lurus, yang penting tahu cara merawatnya.

Pemilik rambut keriting juga bisa mengekspresikan dirinya sesuai kemampuannya. Dengan penataan rambut yang maksimal, segala jenis rambut bisa memberikan kesan penuh pesona. Tentu saja cara merawat rambut keriting atau lurus tidak boleh dilakukan sembarangan.

Berbagai produk kecantikan untuk rambut pun bermunculan di pasaran. Ada shampo untuk rambut keriting mengembang, serum pelurus rambut dan sebagainya.

Apalah Anda pemilik rambut keriting yang ingin meluruskannya secara alami? Berikut hal-hal penting untuk melakukannya, disarikan suarasiber dari berbagai sumber.

Perawatan Rambut Keriting Bisa Dilakukan Sendiri

perawatan rambut keriting 1

Anda tak membutuhkan asisten untuk mencoba meluruskan rambut keriting atau rambut ikal agar lurus. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa ditemukan dengan gampang di pasar atau toko.

Pilih Produk Khusus Rambut Kering

Jangan mencoba-coba untuk tergoda menggunakan produk perawatan yang tidak sesuai dengan jenis rambut Anda. Produk seperti ini biasanya terdiri dari shampo, kondisioner dan serum atau styling product.

Leave-on Conditioner

Nah ini yang agaknya tak banyak yang tahu. Pemilik rambut keriting disarankan memakai kondisioner tanpa bilas atau krim penyisir rambut agar rambut keriting tidak meliar.

Keringkan dengan Handuk Lembut

Cobalah raba permukaan handuk di rumah, apakah kasar atau halus. Bulu-bulu handuk yang kasar bisa merusak batang rambut. Gunakan saja handuk microfiber, kalau tak ada gunakan kaos lama berbahan lembut.

Hair Mask Pisang dan Madu

Sama-sama manis di alam nyata, rupanya yang terkait dengan pisang dan madu bagus loh buat rambut keriting. Setidaknya seminggu sekali gunakan hair mask pisang dan madu. Jangan cuma hobi makan pisang eh lupa merawat rambut keriting.

Caranya, lumatkan 1-2 buah pisang matang dari jenis apa saja. Lalu campurkan 2 sendok teh madu. Campurkan, lalu manfaatkan sebagai masker rambut. Keramas rambut dengan sedikit shampo setelah sebelumnya dibiarkan 30 menit.

Bisa Juga Hair Maks Jeruk Nipis dan Santan

Cara membuatnya mudah, cukup campurkan 1 sendok makan santan dan 2 sendok makan minyak zaitun. Masukkan dua sendok air perasan jeruk nipis, campur hingga merata. Gunakan di kulit kepala. Diamkan selama 20 menit, bersihkan dengan shampo biasa secukupnya. Bilas pakai air hangat.

Kondisioner Leave-on Minyak Zaitun dan Air Mawar

Masih minyak zaitun, ambil 1 sendok makan lalu campirkan dengan 1 sendok makan air mawar. Ambil sedikit di tangan lalu gosokkan ke pertengahan bagian hingga ujung rambut. Pastikan rambut Anda masih dalam kondisi basah setelah dikeramas.

Campuran ini bisa dioketagorikan sebagai leave-in conditioner, artinya tak perlu dibilas air. Keringkan rambut dengan hair dryer atau biarkan tertiup angin hingga mengering alami.

Bisa Juga Campura Madu dan Santan

Santan dan madu bisa mengatasi rambut keritingmu, khususnya yang kering dan mengembang. Sediakan secangkir santan, campur dengan 2 sendok makan madu. Keramas rambut terlebih dahulu, baru gunakan campuran ini dari akar ke ujung rambut. Biarkan selama 10 menit, akhiri dengan membilasnya pakai air dingin.

Ikat Rambut Sebelum Tidur

Rupanya ada manfaatnya ya mengikat rambut keriting sebelum tidur. Tujuannya agar tak porak-poranda saat bangun tidur. Ikat longgar saja, jangan terlalu kuat.

Ini Penting Juga untuk Perawatan Rambut Keriting

shampo untuk rambut keriting mengembang

Setelah membaca kalimat demi kalimat di atas, sadar kan bahwa merawat rambut keriting tidak sesulit dalam bayangan. Tak harus selalu sibuk mencari shampo untuk rambut keriting mengembang atau konsultasi berulang kali.

Jika menginginkan pemahaman yang lebih lengkap, tak ada salahnya kalian meneruskan membaca lanjutannya. Karena masih terkait erat dengan rambut keriting. Yuk mulai lagi!

Kamu Masih Butuh Kondisioner

Ah, saran yang klise, kuno. Memang sih, tetapi tahukah Anda semakin keriting bentuk batang rambut, semakin susah minyak terdistribusi dengan baik dari kulit kepala. Karenanya, Anda harus memastikan bahwa penggunaan kondisioner tidak salah.

Keramas dengan Tepat

Oke, rambut keriting Anda sudah terlihat sehat. Namun apakah hal yang sama juga terjadi pada kulir kepala? Percuma batang rambut sehat kalau kulit kepala tidak. Ini nih tipsnya keramas bagi pemilik rambut keriting tebal.

Bagi rambut menjadi empat bagian menggunakan jepit besar. Aplikasikan shampo pada kulit kepala, sekalah kulit kepala secara perlahan. Setelah merata, bawa busa shampo ke seluruh rambut dengan gerakan memijat lembut. Pelan saja jangan keras-keras melakukannya.

Sisirlah Rambut Basah Anda

Inilah bedanya menyisir ala rambut lurus dan keriting. Salah satu perawatan rambut keriting ialah menyisirnya kala masih basah. Pasti bertanya mengapa?

Jika Anda lakukan saat kering, rambut mudah patah dan kusut. Bentuknya akan berubah dan tidak mengembang seperti biasanya. Gunakan sisir bergigi jarang, hindari yang giginya rapat. Menyisir dari ujung rambut hingga ke atas.

Rambut Juga Butuh Vitamin

Untuk rambut keriting yang mudah kering, berikan nutrisi rambut tambahan dengan vitamin secukupnya. Pilih vitamin yang mengandung ekstrak vitamin E dengan alasan rambutmu butuh kelembapan tinggi.

Keringkan dengan Diffuser

Mengeringkan rambut keriting dengan diffuser dapat mengurangi kekusutan yang sering dialami rambut saat rambut kering secara alami. Keuntungan lain, ia mampu mempertahankan bentuk keritingmu dan membuatnya terlihat lebih bervolume. Akhiri dengan handuk halus untuk menyedot air berlebih pada rambutmu.

Penelitian Seputar Rambut Keriting

perawatan rambut keriting 2

Soal rambut keriting rupanya menarik para ahli rambut di dunia untuk menelitinya. Sebuah penelitian salah satunya dilakukan di Queensland Institute of Medical Research di Australia.

Dilansir dari Telegraph, disebutkan hasil penelitian bahwa dalam rambut terjadi variasi pada gen Trichohyalin. Akibatnya terjadi perbedaan tingkat kelurusan maupun keikalan pada rambut.

Buku Why Skies are blue and Parrots Talk: Answer to the Questions You’ve always wanted to ask yang ditulis oleh Andrew Thompson juga ada fakta. Dikatakannya bahwa rambut yang keriting disebabkan oleh folikel rambut yang asimetris.

Pengaruhnya, menghasilkan kelenjar rambut yang berbentuk oval. Sementara orang yang berambut lurus memiliki foikel rambut yang simetris sehingga memiliki bentuk kelenjar rambut yang bulat.

Dijelaskan lebih lanjut, kelenjar rambut ini berada dalam serat yang fungsinya memberi informasi secara genetik. Informasi ini larinya ke dalam pipa di kulit kepala yang menentukan seperti apa tekstur rambut yang tumbuh.

Justru yang masih menjadi perbincangan hingga saat ini ialah berubahnya bentuk rambut. Beberapa kasus terjadi, ada manusia lahir dengan rambut keriting namun saat dewasa rambutnya lurus.

Endokrinologis dari University of Bradford, Inggris, Val Randall menyatakan hipotesa instan menyatakan kemungkinan besar hal itu karena hormon. Seiring berjalannya usia, hormonlah yang membentuk perubahan-perubahan pada tubuh manunsia, termasuk rambut. Namun demikian ia juga melengkapi pernyataannya masih perlu penelitian lebih lanjut.

Beberapa hal di atas semoga membantu Anda dalam perawatan rambut keriting. (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •