free page hit counter

Pamer Batik Batam Melalui Lomba Gerak Jalan

BATAM (suarasiber) – Sudah jamak setiap digelar lomba gerak jalan merayakan Bulan Kemerdekaan RI selalu banyak warga yang menyaksikannya. Memanfaatkan kesempatan itu, peserta gerak jalan beregu putri dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam “menjual” Batik Batam.

Ternyata Batam juga memiliki motif batik sendiri. Beda dengan Tanjungpinang yang terkenal dengan Batk Gonggong-nya, Batik Batam lebih dekat ke motif biota laut seperti ikan marlin dan gonggong. Warnanya meriah, kontras dengan kombinasi warna ngejreng.

“Batik Batam yang pegawai kita kenakan di gerak jalan hari ini adalah hasil karya pembatik binaan Dekranasda dan Disperindag Kota Batam. Sengaja kita pakai untuk promosi juga supaya lebih banyak yang mengenal dan menggunakan Batik Batam,” kata Kepala Disperindag Batam, Gustian Riau, Sabtu (3/8/2019) seperti dilansir suarasiber dari kabarbatam.com.

Batik Batam ini, sedang gencar dipromosikan Ketua Dekranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi melalui ajang Batik Batam Fashion Week. Roadshow pagelaran busana ini dilakukan mulai dari tingkat kecamatan di tahun 2018.

Kemudian meluas ke tingkat kabupaten/kota di Kepri tahun ini. Terbaru, pada akhir Juli lalu, Batik Batam Fashion Week digelar dalam rangkaian acara Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional di Kota Padang.

Baca Juga:

13 Tanaman Dalam Ruangan yang Menyehatkan

Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso Adang Marc Marquez di MotoGP Ceko

Parfum Wanita yang Bikin Pria Terpikat

Foto-foto Pemecahan 3 Rekor Selam Dunia di Manado

Promosi Batik Batam melalui seragam gerak jalan juga dilakukan peserta dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam. Namun bedanya, perwakilan Disbudpar tampil lebih kasual dengan baju kaus. Sementara kain Batik Batam dililit menjadi rok pelapis celana panjang.

Lomba gerak jalan beregu ini memang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Batam, Hendriana Gustini mengatakan total 503 peserta yang ikut dalam agenda tahunan tersebut.

Lomba dibagi menjadi beberapa kategori dengan jarak tempuh 5km, 8km, dan 17km. Hadiah yang disiapkan sebesar total Rp226.500.000. Selain juara tiap kategori, juga akan dipilih juara favorit berdasarkan penampilan (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •