Mau Naik Mass Rapid Transit di Jakarta? Ini Caranya

Loading...
Mass Rapid Transit 1
Sejumlah warga Tanjungpinang mencoba MRT Jakarta. Foto – istimewa

SUARASIBER – Mass Rapid Transit (MRT) menjadi solusi bagi siapapun yang akan bepergian ke Jakarta. Umumnya akan memikirkan sarana transportasi yang akan digunakan di sana.

Suasana jalan yang macet, dan biaya transportasi yang mahal akan langsung terbayang. Kecuali, bagi yang biaya transportasinya ditanggung negara atau perusahaan.

Apapun jenis transportasi yang dipakai di Jakarta, tetap saja akan berhadapan dengan kemacetan. Sampai muncul anekdot, “Tua di jalan.”

Tapi itu dulu, sejak ada Mass Rapid Transit (MRT), anekdot tua di jalan itu bisa ditepikan. Paling tidak ada, Mass Rapid Transit (MRT) menjadi pilihan yang murah, cepat, dan bebas macet. Pertanyaan yang muncul, bagaimana cara naik MRT?

Beberapa warga Kota Tanjungpinang, yang kebetulan baru kembali dari Jakarta, bermurah hati menceritakan pengalamannya. Agar, dapat membantu siapapun yang nantinya akan ke Jakarta.

Pengalamannya diawali dengan naik MRT dari Bundaran HI ke Lebak Bulus, Jakarta. Seperti ini caranya:

Stasiun Mass Rapid Transit Bundaran HI

MRT Jakarta map 2
Peta MRT Jakarta
  • Masuk ke stasiun MRT Bundaran HI Jakarta, kemudian melalui tangga yang lumayan curam. Karena termasuk stasiun bawah tanah bersama lima stasiun lainnya.
  • Kelima stasiun itu, adalah Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Setiabudi, dan Stasiun Benhil. Kemudian, Stasiun Istora, dan Stasiun Senayan.
  • Semua itu bisa dilihat di MRT Jakarta map. Sama seperti kalau ke Singapura, stasiun dan jalurnya bisa dilihat MRT Singapore map yang dikelola oleh SMRT Singapore.
  • Dari Stasiun Senayan, kereta Mass Rapid Transit (MRT) akan naik ke jalur layang menuju Stasiun Sisingamangaraja, Stasiun Blok M, dan Stasiun Blok A.
  • Kemudian, Stasiun Haji Nawi, Stasiun Cipete Raya, Stasiun Fatmawati, dan Stasiun Lebak Bulus.
  • Setelah masuk ke stasiun MRT Bundaran HI lalu beli tiket. Tiket didapat dengan dua cara yaitu menggunakan e-money. Seperti Flazz BCA, Brizzi Mandiri dan lainnya atau dengan cara membeli kartu MRT.
  • Kartu MRT ada dua jenis, yaitu single trip, dan multi trip. Kartu single trip seharga Rp15.000, memiliki masa waktu selama tujuh hari setelah pembelian.
  • Dan, setelah itu harus dikembalikan. Untuk mendapat uang refund sebesar Rp15.000. Sementara multi trip seharga Rp25.000, tidak memiliki batas waktu penggunaan.
  • Kartu-kartu ini bisa dibeli di loket tiket atau di mesin tiket otomatis (vending machine). Tiket single trip, sekaligus mengisi kartu tersebut dengan biaya yang diperlukan untuk sampai ke tujuan.
  • Adapun biaya atau tarif yang dikenakan antar stasiun berbeda, dimana tarif minimum Rp3.000, lalu setiap stasiun dikenakan Rp1.000. Sedangkan tarif maksimal adalah Rp14.000.

“Karena rute Bundaran HI ke Lebak Bulus yang terjauh atau terakhir, maka tarifnya adalah Rp 14.000,” kata Olive kepada suarasiber.com, Sabtu (10/8/2019).

Cukupkah Saldo Anda?

MRT Singapore map
Peta MRT Singapura, lebih canggih mana ya?
  • Setelah memiliki tiket, dilanjutkan ke mesin tap in/out otomatis. Jika saldo di kartu tidak cukup, maka pintu pada mesin akan tertutup.
  • Jika saldo cukup bisa langsung masuk. Untuk menunggu kereta datang sembari duduk di bangku-bangku yang telah disediakan di dalam stasiun Mass Rapid Transit (MRT).
  • Terdapat dua warna garis berbeda dekat pintu otomatis masuk kereta. Juga di tangga masuk stasiun, yaitu warna hijau, dan kuning.
  • Pada garis panah hijau berfungsi untuk para penumpang yang akan keluar kereta. Sedangkan garis kuning fungsinya, untuk batas antrian para penumpang yang akan masuk ke dalam kereta.

Cuma Dua sampai 3 Menit

Tak membutuhkan waktu lama menunggu kereta datang, dan waktu perjalanan antar stasiun hanya sekitar dua sampai tiga menit.

Untuk perjalanan dari bundaran HI ke Lebak Bulus hanya sekitar 28 menit. Sangat cepat, dan nyaman serta tidak macet tentunya.

Semoga budaya antre dengan tertib dapat terus dilaksanakan. Sehingga semua perjalanan jadi lancar dengan Mass Rapid Transit. (mat)

Loading...