free page hit counter

Kapolri Jendral Tito Karnavian Ungkap Kisah Istrinya jadi Ketua Wanita Selam Indonesia

MANADO (suarasiber) – Pecahnya 3 rekor selam dunia di Manado tak lepas dari peran Ketua Wanita Selam Indonesia (Wasi) Tri Tito Karnavian dan ribuan penyelam lain. Kapolri Jenderal Tito Karnavian pun mengungkapkan kapan istrinya mulai hobi menyelam.

Saat hadir di Manado untuk rapat koordinasi serta memberikan support pemecahan rekor, Tito bercerita bahwa hobi menyelam istrinya itu bermula ketika dia ditugaskan untuk menjadi Kepala Kepolisian Daerah Papua. Di wilayah sana, banyak spot menyelam dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa.

tri tito karnavian perlihatkan sertifikat dari museum rekor dunia
Ketua Wanita Selam Indonesia, Tri Tito Karnavian. Foto – polda kepri

Dia sering mengajak istrinya ke laut untuk sekedar bersantai sejenak dari penatnya pekerjaan. Kala itu katanya Ibu Tri belum bisa berenang. Namun Kapolri mengatakan bahwa untuk menyelam, tidak perlu harus berenang.

“Saya ngajarin dia berenang, menyelam, semenjak itu karena memang alam yang sangat indah sekali di Raja Ampat, akhirnya istri saya ketagihan (menyelam),” ungkap Kapolri, Sabtu (3/8/2019).

Mulai dari situ, Kapolri bersama istrinya berkeliling Indonesia untuk menikmati indahnya alam bawah laut yang dipenuhi biota beragam dan tidak ditemui di negara lain.

“Dari situlah kita mulai menyukai alam bawah laut dengan segenap kehidupan flora dan faunanya dan menyadari bahwa Indonesia adalah surga untuk bawah laut,” cerita jenderal bintang empat itu.

Keinginan untuk menjaga indahnya alam bawah laut pun semakin kuat di benak istrinya. Hingga akhirnya seorang senior dari Angkatan Laut, Buyung Lalana meminta istrinya untuk menjadi Ketua Wasi.

“Di sini saya langsung bersedia dan kemudian mulai melakukan banyak kegiatan dan mulai makin merepotkan ibu-ibu,” celotehnya.

Baca Juga:

Mantap, Indonesia Pecahkan 3 Rekor Selam Dunia

Embarkasi Batam Berangkatkan Seluruh JCH ke Arab Saudi

2 Pria dan 1 Perempuan Jadi Tersangka Narkoba di Bintan

Polisi Ganti Bendera di Poskamling yang Lusuh dan Kurang Layak

Singkat cerita, akhirnya Wasi menginisiasi untuk merebut rekor selam yang harusnya dimiliki Indonesia sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang dan biota laut yang banyak.

Dirinya pun tergerak dengan mengerahkan para personel untuk ikut dalam pemecahan rekor ini. “Saya tahu ini semua untuk Indonesia, bangsa kita. Event-event seperti ini sepertinya kalau nggak dikoordinir dan paralel dengan organisasi sebesar Polri sepertinya akan sulit untuk dilaksanakan menarik 3.000 orang lebih dalam waktu yang sama,” beber Kapolri.

Lagi pula dengan kegiatan ini, bukan hanya sebagai kebanggaan bangsa, namun juga untuk mempromosikan keindahan laut Indonesia kepada dunia internasional.

“Kenapa? Agar Indonesia bisa menjadi tujuan wisata laut karena kita negara kepulauan terbesar di dunia dengan 17 ribu pulau, 65 persen diantaranya adalah laut,” sebut dia. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •