free page hit counter

Cara Masak Daging Kurban Agar Empuk dan Tak Bau

SUARASIBER – Cara masak daging kurban, khususnya kambing tidak bisa dilakukan sembarangan. Apalagi daging ini merupakan bahan yang diperoleh di hari istimewa, Idul Adha.

Daging kambing memang sedap dan nikmat, namun jenis daging ini masih menyisakan bau. Apalagi jika tidak diolah dengan cara yang benar. Bisa dibayangkan jika resep tongseng kambing atau resep daging kambing goreng rusak gara-gara bau.

resep daging kambing goreng

Tak bisa dipungkiri, menikmati makanan bersama di Hari Raya Idul Adha adalah momen spesial bagi banyak keluarga. Sayangnya, tak sedikit orang yang mengetahui cara menghilangkan bau amis atau prengus daging kambing.

Berikut cara masak daging kambing yang bisa Anda coba agar masakannya lezat dan acara makan bersama sukses.

Pertama, Hilangkan Lemak

Diantara gumpalan daging kambing kurban, pasti terselip lemak di beberapa bagian. Tahukah Anda bahwa lemak-lemak tadi ternyata salah satu sumber bau prengus pada daging kambing.

Untuk mengetahui itu lemak atau bukan cukup mudah. Kebanyakan lemak warnanya putih, ia menempel pada daging. Cara membuangnya juga mudah, cukup iris lemak tadi. Pelan-pelan dan hati-hati dengan pisau yang Anda gunakan.

Persoalannya, lemak sebenarnya bisa menambah rasa gurih olahan daging kambing. Jadi bagauimana dong? Cukup bersihkan seperlunya, tak perlu bersih betul. otomatis bau prengusnya juga akan berkurang.

Kedua, Jangan Dicuci

Membayangkan bagaimana Anda akan praktik resep gulai kambing pada Idul Adha? Jangan khawatir, langkah pertama Anda sudah benar dengan mengurangi lemak.

Khusus cara masak daging kambing agar tak bau prengus ialah jangan dicuci. Daging kambing yang dicuci justru dapat menguatkan bau amis. Bahkan menurut beberapa tukang masak membuat daging berisiko semakin alot.

Jadi, setelah mengurangi lapisan lemaknya, tak ada salahnya daging segera dimasak dan diolah.

Ketiga, Jeruk Nipis

Jeruk nipis adalah buah multifungsi. Bahkan urusan menghilangkan bau prengus daging kambing, buah ini pun bermanfaat. Selain menghurangi bau amis, jeruk nipis juga bisa membunuh bakteri.

Penggunaan jeruk nipis ini bisa dilakukan bila Anda telanjur sudah mencuci daging kambing. Caranya sangat mudah, balur air perasan jeruk nipis pada daging lalu diamkan sekitar 30 menit.

Pengganti jeruk nipis bila tak ada di dapur ialah garam. Caranya sama, Anda cukup membaluri daging dengan garam. Selanjutkan diamkan selama satu jam.

Keempat, Daun Pepaya

resep tongseng kambing

Bagaimana mau masak resep daging kambing goreng jika daging kambingnya alot? Jika ini persoalannya, gunakan solusi mudah dengan daun pepaya. Kandungan zat papain pada daun pepaya akan membuat daging empuk tanpa harus dimasak berjam-jam sampai ngantuk.

Cara menggunakannya, remas daging yang sudah dipotong lalu bungkuslah dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih satu jam.

Jika tak ada daun pepaya, gunakan buah nanas. Selain itu, daging kambing bagian has, iga dan bahu memiliki sifat yang lebih empuk.

Kelima, Manfaatkan Rempah

Daun Jahe, serai atau kemangi juga bisa digunakan untuk mengurangi bau prengus daging kambing. Bahan-bahan tersebut dapat mengeluarkan aroma wangi yang mampu mengurangi bau amis daging.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan ketimbar atau kunyit. Khusus kunyit, gunakan ketika Anda ingin mencoba resep gulai kambing.

Keenam, Parutan Pir

Buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Justru di luar negeri, penggunaan pir lebih umum ketimbang nanas. Caranya tetap sama, parut buah pir untuk melumuri daging yang akan dimasak.

Ketujuh, Cuka Apel

Cuka apel bisa juga untuk melumuri daging mentah. Kalau diolah menjadi steak, daging yang sudah dilumuri cuka apel bakal lebih lezat. Ia mampu menyimpan rasa manis yang tak begitu kentara.

Kedelapan, Rendam di Cola

resep gulai kambing

Minuman bersoda ini tak hanya bisa menyegarkan tenggorokan kala haus mendera. Oleh ibu-ibu yang hobi memasak, Cola bermanfaat juga untuk membuat daging kurban lebih empuk.

Cola juga memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bau dari daging mentah. Cukup direndam selama setengah jam, kemudian masak sesuai kebutuhan daging kurban Anda.

Penggunaan bahan-bahan di atas juga menjaga kualitas daging kurban tetap sehat. Diantara sekian bahan, hanya Cola yang dibuat pabrikan. Lainnya adalah hasil pertanian yang alami.

Itulah berbagai bahan yang bisa Anda, sekarang tak ada lagi kekhawatiran bau amis karena tahu rahasia cara masak daging. (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •