free page hit counter

Asuransi Kesehatan Keluarga dan Cara Memilihnya

SUARASIBER – Asuransi kesehatan keluarga kini menjadi sebuah kebutuhan yang harus ada. Ibaratnya, asuransi ini menjadi payung sebelum hujan turun. Sebuah langkah mengantisipasi masalah kesehatan, yang kerap membuat kantung jadi kering.

Siapapun tak ingin ada anggota keluarga yang jatuh sakit, apalagi harus dirawat di rumah sakit. Karena selain menguras waktu, tenaga, dan pikiran juga menguras biaya

Akan tetapi jika terjadi, mau tak mau harus dihadapi. Langkah terbaik untuk menghadapinya, adalah dengan menyiapkan asuransi. Khususnya, asuransi kesehatan keluarga.

Masalahnya, ada banyak sekali produk asuransi yang mengklaim sebagai yang terbaik. Padahal, asuransi bukan termasuk produk asuransi yang mudah dipahami, dan termasuk komplek.

Cara sederhana memahaminya, adalah dengan menggunakan pihak ketiga atau orang yang sangat paham dengan asuransi. Jangan mudah tergoda dengan tawaran asuransi.

Tapi, saat dibutuhkan sulit diklaim, dan dilempat ke saja kemari. Yang diharapkan kemudahan, namun malah kerepotan yang dijalani.

Selain itu, pertimbangkan betul apakah asuransi kesehatan keluarga yang akan dibeli dalam bentuk perorangan atau per satu keluarga. Sebab, kalau membeli polis per orang di dalam sebuah keluarga, akan berdampak pada besarnya pengeluaran.

Selain menggunakan jasa pihak ketiga, hal lain yang harus dilakukan sebelum memulai asuransi, adalah memelajarinya. Pelajari dengan sangat teliti, karena ini menyangkut pengeluaran. Dan, tentu saja klaim saat dibutuhkan.

Asuransi kesehatan untuk keluarga jelas sangat dibutuhkan, namun tidak mudah untuk memilihnya. Pilihlah produk yang sesuai dengan keperluan, mudah mengklaimnya, dan tidak membuat repot.

Berikut ini beberapa kiat memilih asuransi kesehatan keluarga yang terbaik.

Sesuaikan Kondisi Keuangan dengan Pembayaran Premi

asuransi kesehatan keluarga

Setiap asuransi akan berhadapan dengan pembayaran atau biaya pengeluaran di keluarga. Sebab itu, saat memilih sebuah produk asuransi untuk kesehatan keluarga, pastikan sudah sesuai dengan kemampuan keuangan sendiri.

Kemudian, produk asuransi yang akan dibeli itu dapat digunakan oleh semua anggota kekuarga. Dan, untuk semua jenis biaya yang terkait dengan masalah kesehatan di keluarga.

Pembayaran sebuah premi untuk empat atau lima anggota keluarga, jauh lebih murah, dan baik.

Jika, dibandingkan dengan cara membeli empat atau lima premi asuransi. Jadi, kondisi keuangan yang akan membiayai pembayaran premi harus sangat diperhatikan.

Kenali dan Pahami Jenis Asuransi

Sebelum menentukan asuransi kesehatan untuk keluarga yang akan diambil, pahami dulu sistem asuransi tersebut. Apakah yang jenisnya tak perlu bayar apapun saat dirawat?

Atau, yang selama perawatan harus membayar sendiri terlebih dulu, dan akan diganti setelah keluar rumah sakit? Tentunya disertai dengan pengajuan klaim, dan segala administrasi yang ribet.

Pelajari baik-baik penawaran dari pihak asuransi, mana pilihan asuransi kesehatan terbaik yang akan diambil. Sebab, dampaknya baru akan diketahui setelah ada anggota keluarga yang sakit, dan dirawat di rumah sakit.

Cek Rumah Sakit yang Jadi Rujukan Asuransi

asuransi kesehatan

Setelah menetapkan jenis asuransi yang akan diambil, perhatikan juga rumah sakit yang jadi rujukan pihak asuransi. Cek kondisi pelayanan rumah sakit terhadap pasien yang membayar dengan asuransi.

Bagaimana pelayanan, dan sikap karyawan rumah sakit. Perhatikan juga jaringan rumah sakitnya, apakah hanya satu rumah sakit atau ada beberapa rumah sakit.

Selain itu, periksa juga ketersediaan layanan medis untuk sejumlah penyakit. Jangan sampai terjadi di rumah sakit rujukan itu tidak ada tenaga ahli, yang bisa menangani penyakit yang diderita anggota keluarga kita.

Cari Perbandingan Perusahaan Asuransi

Ada begitu banyak perusahaan asuransi dari dalam dan luar negeri, yang gencar menawarkan produk asuransi kesehatan. Termasuk, asuransi kesehatan keluarga.

Banyaknya perusahaan asuransi, dan gencarnya penawaran tak hanya membingungkan. Tapi juga memberi dampak positif bagi siapapun yang akan berasuransi. Apalagi, bagi yang mau meneliti dulu sebelum membeli.

Semakin banyak perusahaan asuransi tentu banyak juga pilihan produk. Cek dan bandingkan setiap produk yang ditawarkan tersebut. Cari dan pilih yang paling banyak keunggulannya, untuk melindungi seluruh anggota keluarga.

Cek Rekam Jejak dan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Asuransi Kesehatan Terbaik 1

Tak hanya mencari dan membandingkan produk asuransi yang ditawarkan, cek juga profil perusahaan-perusahaan asuransi itu. Pelajari betul catatan-catatan atau rekam jejak perusahaan asuransi.

Khususnya, saat menangani kliennya yang mengklaim pembayaran asuransi. Bagaimana mereka melayani kliennya? Seberapa cepat pembayarannya?

Perlu diingat baik-baik, jangan pernah membeli produk asuransi kesehatan hanya karena murahnya saja. Murah tapi jaminan kesehatannya sedikit, dan mengurus klaimnya sulit. Itu bukan pilihan yang baik.

Perusahaan Asuransi Pemerintah

Bagi yang penghasilan besar tentu punya banyak pilihan, untuk memilih perusahaan asuransi. Khususnya yang dapat melindungi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Namun, bagi yang penghasilannya sebatas cukup, tak banyak pilihannya. Meski, masih tetap ada, yakni dengan memilih perusahaan asuransi milik pemerintah. Ada pilihan pelayanan juga pilihan kamar perawatan.

Sesuai pilihan dengan kemampuan keuangan untuk membayar preminya. Yang jelas asuransi kesehatan, adalah sebuah pilihan yang harus dimiliki setiap keluarga. Apalagi, asuransi kesehatan keluarga. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •