16 Karya Budaya Lingga Jadi Milik Nasional

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Komitmen Pemkab Lingga membangun bidang kebudayaan berbuah manis. Setelah pemerintah menetapkan 16 karya budaya di daerah ini, sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2019.

Jumlah 16 karya budaya itu jauh di atas ekspetasi. Biasanya, dalam setahun hanya ada dua hingga lima karya yang ditetapkan jadi WBTB Indonesia.

Adapun ke-16 karya budaya Lingga, yang kini menjadi milik Indonesia, adalah:

  1. Tradisi Basuh lntai
  2. Sunat Mudim
  3. Bele Kampung
  4. Kue Mueh Pengantin Lingga.
  5. Kepurun.
  6. Ambung Gile.
  7. Kain Lipat 44.
  8. Tradisi Tujuh Likur dan Pintu Gerbang.
  9. Bekatam Alquran Lingga.
  10. Bersih Tembuni Lingga.
  11. Tudung Saji Pandan Lingga.
  12. Gasing Lingga.
  13. Tangkap Ayam.
  14. Tam-Tam Buku Lingga.
  15. Layang layang Lingga.
  16. Tutur Kampung Kampung Nerekeh.

Atas keberhasilan itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga, Muhamad Ishak, menyampaikan kegembiraannya. Menurutnya, untuk tahun 2019 ini, awalnya Lingga mengusulkan 52 karya budaya.

Setelah melalui beberapa proses verifikasi, ada 41 karya budaya yang diterima, dan diusulkan ke pemerintah. Ke-41 karya itu diseleksi lagi hingga tinggal 27 karya. Karya budaya Lingga itu kemudian diseleksi lagi hingga jadi 16 yang direkomendasikan menjadi WBTB Indonesia 2019.

“Keputusan tim WBTB Indonesia, untuk karya budaya kue mueh pengantin yang berjumlah 12 jenis kue, disatukan saja menjadi satu. Yakni, kue mueh pengantin,” kata Ishak sebagaimana dikutip dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, Jumat (16/8/2019).

Disebutkan, bahwa di sidang WBTB ini, tim dari Provinsi Kepri hadir lengkap. Kadisbud Provinsi Kepri, Yerri Suparna, Kadisbud Kabupaten Lingga, Muhammad Ishak, dan Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya(BPNB) Kepulauan Riau, Totok Sucipto, ikut hadir. Dan, lainnya.

Tim ahli WBTB Indonesia, Muklis PaEni memberikan laluan penilaian terhadap Kabupaten Lingga. Dari catatan statistik, Lingga termasuk kabupaten yang masih rendah pendapatan masyarakatnya.

Baca Juga:

Tips Hidup Sehat dan Cara Mudah untuk Awet Muda

Provinsi Kepri Merdeka Tanggal 29 Desember 1949

Beli Tas Wanita Terbaru, Pilih Sepatu Harga Rp74K

Isdianto Kunjungi Korban Meledaknya RoRo Sembilang

Tapi untuk usulan WBTB Kepri yang lolos tahun ini, semuanya usulan dari Lingga.

“Kabupaten Lingga sangat kaya budaya dan pemerintahnya sangat peduli dengan warisan budayanya. Untuk itu mari kita beri apresiasi,” ujar Mukhlis.

Dari tahun 2015 sampai 2018, sudah sembilan karya budaya dari Kabupaten Lingga ditetapkan jadi WBTB Indonesia. Lingga terbanyak diantara kabupaten/kota lainnya di Kepri.

Tahun 2018 ditetapkan lima karya budaya dari Lingga, yakni tepuk tepung tawar, silat pengantin, bubur lambok, dan mandi safar serta ratib saman.

Tahun 2015, tudung manto, dan bangsawan. Sedangkan tahun 2017, tari inai, dan ritual bejenjang. Dengan demikian saat ini sudah sekitar 25 karya budaya Lingga, yang menjadi WBTB Indonesia. (mat)

Loading...