free page hit counter

Usaha Sampingan Zaman Now di Kampung Blogger

MAGELANG (suarasiber) – Usaha sampingan bisa beragam jenis. Jika Anda memiliki ketertarikan mendapatkan uang dari dunia internet, tak ada salahnya mendalami google adsense.

Anda bisa belejar sendiri melalui banyaknya artikel tentang mendapatkan uang lewat internet hanya dengan browsing. Namun tak semuanya paham karena memang membutuhkan ketelitian bahkan cara khusus yang tak semua orang bisa memahaminya.

Kampung Blogger, Magelang, Jawa Tengah, adalah salah satu tempat belajar mendapatkan uang dari internet. Sejak didirikan beberapa tahun silam, kampung ini sudah menjadi tujuan banyak orang yang ingin belajar, khususnya tentang google adsense.

Salah satu orang yang akan menerima kedatangan Anda untuk belajar ialah Utomo. Lelaki yang akrab dipanggil Mas Tomo ini akan mengajarkan langkah demi langkah bagaimana membangun sebuah blog yang akan dijadikan wadah mendapatkan uang dari dunia maya.

Bisa Belajar Jarak Jauh

Agaknya bagi kebanyakan orang, belajar mendapatkan uang dari dunia maya dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Nyatanya, memang bisa dilakukan tanpa harus seharian berada di depan komputer.

“Bagi yang tak punya waktu bisa mendapatkan materi yang akan dikirimkan online,” ujar Mas Tomo, saat suarasiber berkunjung ke markas Kampung Blogger, Senin (8/7/2019).

Kepada wartawan koran online ini, ia dan teman-temannya yang bersama-sama membesarkan Kampung Blogger sudah mengajari banyak orang. Baik yang datang langsung (offline) atau belajar jarak jauh (online).

Untuk mereka yang karena kesibukannya ingin belajar jarak jauh, akan dikirimkan materi lengkap. Dari awal bagaimana membangun sebuah blog yang niche, reset kata kunci (keyword), membangun blog berbayar (bukan gratisan seperti blogspot atau wordpress) hingga mendaftarkan ke google adsense.

Usaha Sampingan yang Awet

Dari Bulukumba, Fahri belajar ngeblog di Kampung Blogger. Foto – suarasiber

Dilihat dari orang-orang yang belajar bisnis online di Kampung Blogger, usaha sampingan ini ternyata awet. Karena hingga hari ini masih saja yang datang. Mereka bisa menyesuaikan waktunya kapan bisa belajar langsung.

Fahri adalah salah satunya. Lajang berusia 24 tahun asal Bulukumba, Sulawesi Selatan. Ia bahkan sudah sebulan lebih belajar kepada Mas Tomo. Fahri datang ke Kampung Blogger setelah mendapatkan cerita dari temannya yang sudah terlebih dahuku menuntut ilmu soal google adsense kepada Mas Tomo.

Menurut pengakuannya, ia datang untuk belajar ngeblog. Justru ia baru tahu soal bisa menghasilkan uang dari tulisan setelah belajar di kampung ini.

“Awalnya hanya ingin membuat blog, rencananya kalau sudah bisa untuk membuat berita tentang daerah saya. Di sini saya baru tahu ternyata tulisan yang bagus dan menarik bisa mendapatkan reward dari Google,” ujar lelaki berambut gondrong seleher ini.

Meski Usaha Sampingan, Harus Serius

Menjadikan internet sebagai tempat mendapatkan gaji memang bisa dilakukan di waktu senggang. Namun demikian harus tetap dilakukan secara serius. Sebab ada hal-hal khusus yang akan menjadi penilaian Google untuk memberikan penghasilan kepada blogger.

Karena itu, tak sedikit mereka yang pernah belajar ke sini pada akhirnya merasa lelah dan capai karena harapan yang terlalu tinggi.

Ditambahkan oleh Mas Tomo, salah satu keseriusan yang harus dimiliki seorang Google publisher ialah membuat konten. Google tak akan begitu saja menerima artikel yang dibuat asal-asalan.

Bukti bahwa perusahaan raksasa ini hanya menginginkan blogger yang sungguh-sungguh ialah menerapkan kabijakan baru pada tahun 2013. Setelah tahun itu dilakukan kebijakan yang memang ketat. Artinya, siapa yang ingin mendapatkan uang dari Google namun tidak mematuhi syarat yang ditentukan, tak akan gajian.

“Nah, di sinilah kami mengajarkan bagaimana membuat artikel atau konten yang bagus dan disukai Google,” ujar Mas Tomo.

Bagi mereka yang sudah berhasil mendapatkan reward lewat Google Adsense, ia juga menginatkan jangan terlena. Blognya harus tetap dijaga. Misalnya memperbarui konten agak tak ketinggaan zaman. Tetap rajin blogwalking atau share ke media sosial.

Narasumber ke Berbagai Daerah

Mas Tomo dan teman-temannya di Kampung Blogger yang ingin menularkan bisnis online pun mendapatkan undangan. Mereka menjadi narasumber ke berbagai wilayah di Indonesia.

Pihak pengundang pun dari beragam instansi atau lembaga. Ada yang pemerintah daerah, kampus. Sementara kunjungan dari pihak lain juga selalu dilayani di Kampung Blogger.

Menurut Mas Tomo, untuk bisa seperti sekarang ini perjuangannya bersama teman-teman pendiri Kampung Blogger bukan semudah membalikkan telapak tangan.

Pun demikian dengan dirinya, ia harus belajar lagi agar ilmu yang disampaikannya kepada mereka yang belajar berguna. Apalagi dengan kebijakan Google yang selalu diperbarui, mau tak mau ia harus selalu mengikutinya agar hasilnya maksimal.

Sejak beberapa waktu lalu, Mas Tomo yang memiliki usaha penjualan barang kerajinan tangan juga mengajar Google Adsense di Pasar Seni Magelang, Jalan Tentara Pelajar. Ada satu ruangan untuk kelas, bersebelahan persis dengan toko Asto Kriyo-nya di lantai dua.

“Pesan saya ya tetap serius, baik bagi yang baru belajar maupun yang sudah gajian dari Google, Meski hanya dijadikan usaha sampingan,” tuturnya.

Ingin menghubungi Mas Tomo? Ini nomornya 0856 4015 2965. (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •