Selain Babin, Pemerintah Juga Kaji Jembatan Melaka – Dumai

Loading...

MAGELANG (suarasiber) – Selain jembatan Batam – Bintan (Babin) yang dijadwalkan akan mulai dibangun tahun 2020, pemerintah Indonesia disebut tengah mengkaji pembangunan jembatan Malaysia – Sumatera.

Rencana itu diungkap oleh media di Malaysia The Star (11/7/2019), yang mengupas rencana pembangunan jembatan Batam – Bintan. Yang salah satu tujuannya, adalah untuk meningkatkan konektivitas dan meningkatkan pariwisata di Batam, dan Bintan.

Wacana tentang pembangunan jembatan yang menyatukan Malaysia dengan Indonesia itu, sebenarnya sudah mencuat sejak tahun 2005, dan 2010.

Para pemimpin di Melaka, Malaysia dan Indonesia saat itu, menyebutkan jembatan tersebut panjangnya sekitar 90-an Km. Telukgong, Melaka, Malaysia dan Pulau Rupat, Indonesia menjadi titik terdekat yang akan dihubungkan.

Selanjutnya, dari Pulau Rupat ada jembatan lagi ke Dumai, Riau, Indonesia. Menurut Gubernur Melaka di tahun 2010, Ali Rustam, jembatan tersebut adalah bagian dari kesepakatan ASEAN+1.

Sementara Hatta Rajasa, yang tahun 2010 menjabat Menko Perekonomian, mengatakan pembangunan jembatan itu bukan mustahil. Dan, dinilai positif karena termasuk di dalam ASEAN Connectivity.

Begitu juga Gubernur Riau kala itu, Rusli Zainal yang optimis jembatan itu akan terwujud. (mat)

Loading...