Presiden Jokowi Instruksikan Pembangunan Jembatan Batam – Bintan Selesai 4 Tahun

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Presiden Joko Widodo telah memutuskan pembangunan konstruksi jembatan Batam-Bintan (Babin), selesai dalam waktu 3 – 4 tahun. Fisik jembatan Babin dijadwalkan sudah dilaksanakan pembangunannya tahun 2020.

Rencana pembangunan ini sudah dimulai tahun 2019 dengan Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED). Dan, diharapkan sudah selesai akhir tahun 2019.

Informasi ini disampaikan Petugas Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Biro Komunikasi Publik, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjawab suarasiber.com melalui email, Jumat (19/7/2019).

Melalui email [email protected], dijelaskan, “Setelah kami berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga. Dapat kami informasikan bahwa Pembangunan Jembatan Babin, direncanakan untuk mulai dibangun pada tahun 2020, tentunya didasarkan kelayakan teknis dan ekonomisnya.”

Jika rencana pembangunan jembatan itu sesuai jadwal, pembangunan konstruksi jembatan Babin yang panjangnya sekitar 7 Km, diprediksi sudah selesai dibangun tahun 2024. Dan, sudah bisa dilalui sekitar tahun 2025.

Sebagaimana diberitakan suarasiber.com sebelumnya, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR telah menurunkan tim peninjau ke bakal lokasi jembatan Babin.
Tim tersebut meninjau, dan mengoreksi titik tapak jembatan Batam – Bintan, yang merupakan bagian dari tahap studi.

Tahapan studi ini masih terus berlanjut dengan sejumlah kegiatan lainnya.
Seperti menyiapkan readiness criteria, review Feasibility Study (tahun 2019), dan Detail Engineering Design (DED).

Kemudian, dokumen lingkungan, dan lahan atau studi LARAP (Land Acquisition and Resettlement Action Plan). Hal ini disampaikan Budi, Kepala Balai Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR menjawab suarasiber.com, Rabu (10/7/2019). (mat)

Loading...