free page hit counter

Presiden Jokowi Ingin Polri Tingkatkan Pelayanan Publik Mudah, Murah, Cepat

MAGELANG (suarasiber) – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar Polri terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Itulah salah satu poin sambutan Presiden yang dibacakan Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto SIK yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Hari Bhayangkara ke – 73 tahun 2019 di lapangan upacara Polda Kepri, Nongsa, Batam, Rabu (10/7/2019).

Berdasarkan informasi yang dikirimkan Kabidhumas Polda Kepri Kombes Erlangga, upacara ini mengangkat tema Dengan semangat Promoter Pengabdian Polri untuk Masyarakat Bangsa dan Negara.

Foto – humas polda kepri

Presiden menyebut kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

“Dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan Apresiasi kepada seluruh personel Polri di mana pun Saudara mengabdi, kepada mitra kerja Polri, serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif,” kata Presiden seperti dibacakan Kapolda Kepri.

Sementara instruksi Presiden lainnya ialah:

  • Terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.
  • Kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.
  • Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.
  • Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.
  • Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.
Foto – humas polda kepri

Sebelunya, dibacakan sejarah singkat Polda Kepri oleh Kombes Erlangga. Polda Kepri lahir pada 3 Maret 2005 berdasarkan Surat Keputusan Kapolri No. Pol : Skep/09/III/2005 tentang pembentukkan Polda Kepulauan Riau dengan status Polda Persiapan, dengan Kapolda pertama Kombes Pol. Anton Bahrul Alam dan sampai dengan saat ini dipimpin oleh Inspektur Jenderal
Polisi Andap Budhi Revianto SIK sebagai Kapolda Kepri yang ke-12.

Pada upacara juga diberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 43/TK/2019, kepada 53 Personel Polda Kepri dan jajaran. Penerima diwakili oleh AKBP Dudus Harley Davidson S.IK; AKP Heri Sujati SH, MH dan Aiptu Sri Hardono.

Di akhir upacara dilakukan pemotongan tumpeng dan pemberian penghargaan oleh Kapolda Kepri, Gubernur Kepri dan Wakapolda Kepri kepada 45 Personel Polda Kepri berprestasi dan 5 orang Masyarakat yang telah membantu tugas-tugas Kepolisian.

Foto – humas polda kepri

Juga disuguhkan peragaan bela diri Pencak Silat oleh Personel TNI-Polri, Bhayangkari dan Putra-putri personel Polri. Juga ada Defile Pasukan Upacara dan kendaraan taktis. Penampilan Drum Band Canka Putra Perkasa dan Tarian Kolosal Melayu yang diikuti oleh Kapolda Kepri dan seluruh tamu membuat Hari Bhayangkara ini semarak.

Artis yang diundang untuk memberikan hiburan ialah Dewi Persik.

Para pejabat yang hadir diantaranya Gubernur Provinsi Kepri, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Danrem 033/WP, Danlantamal IV TPI, Kajati Kepri, Wakapolda Kepri, PJ Ketua Bhayangkari Daerah Kepri, Danguskamla Koarmada I, Kabinda Kepri, Ka BNP Kepri, Danlanud RHF TPI, Danlanud Hang Nadim Batam, Irwasda Polda Kepri, Pejabat Utama Polda Kepri, Komandan Satuan TNI, Pimpinan Instansi dan stakeholder serta tokoh masyarakat, agama dan pemuda. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •