Pagar Kayu Indah dan Kuat, Begini Cara Buatnya

Loading...

Pagar kayu, mungkin terkesan kuno atau bukan zaman now. Padahal salah satu material bahan bangunan yang penting, dan sudah digunakan sejak lama, adalah kayu. Selain karena mudah didapat, kayu memiliki keunikan yang alami.

Sehingga, tetap digunakan sampai sekarang ini. Tidak hanya untuk jendela, dan pintu rumah. Tapi juga untuk pagar halaman. Selain juga untuk kuda-kuda atap, dan perabot rumah tangga.

Di sini kita akan membahas tentang penggunaan kayu untuk pagar rumah. Kesannya unik, dan indah. Namun karena terpapar langsung panas, dan hujan, kayu yang digunakan harus dipilih betul. Untuk membuat pagar kayu indah dan kuat.

Jenis Kayu yang Bisa Digunakan

pagar mininalis

Ada sejumlah kayu berkualitas bagus yang bisa digunakan untuk pagar rumah. Berkualitas di sini berarti kuat, dan tahan terhadap segala jenis cuaca.

Kayu-kayu itu diantaranya, adalah kayu jati, kayu cemara, kayu ulin, dan kayu merbau. Kemudian, kayi cedar, kayu mahoni, kayu damar laut.

Jenis-jenis kayu tersebut umumnya tahan terpapar sinar matahari yang terik. Juga terhadap hujan deras yang turun berhari-hari, dan membuat suhu turun drastis.

Ada satu jenis kayu yang sangat kuat, dan kerap disebut kayu besi karena kuatnya disebut seperti besi. Kayu ulin, yang jika ditaruh di air akan tenggelam.

Jenis kayu ini saat ini sudah termasuk sulit diperoleh, selain harganya yang mahal. Setelah kayu ulin, jenis lainnya yang termasuk kuat, adalah kayu jati, kayu kamper, dan kayu merbau. Untuk membuat pagar kayu indah dan kuat.

Selain menggunakan bahan dari kayu berkualitas, bambu juga bisa digunakan untuk membuat pagar bambu. Tapi harus mendapatkan perlakuan khusus karena bahannya yang mudah lapuk, dan rapuh. Namun, penampilannya alami.

Keuntungan Pagar Kayu

pagar dari bambu

Ada sejumlah alasan kenapa banyak orang lebih memilih kayu untuk pagar, termasuk untuk pagar mininalis. Seperti, karena penampilannya yang unik, dan alami.

Kemudian, harganya yang relatif lebih murah, dan cepat untuk membuatnya. Ada juga yang beralasan, karena mudah jika ingin berganti-ganti model. Apalagi jika pemilik rumah termasuk penyuka keindahan alami.

Apapun alasannya yang terpenting, adalah membuat pagar indah dan kuat. Untuk segala jenis ukuran, yang besar, dan megah atau minimalis yang moderen serta kekinian. Seperti halnya pagar besi minimalis.

Kentungan menggunakan pagar dari kayu sehingga lebih baik dari pagar grc atau pagar dari bambu, adalah nilai estetikanya. Jika kita menggunakan beton atau besi untuk pagar, kesan angkuh, dan sombong akan sulit dielakkan.

Beda halnya jika menggunakan bahan dari kayu untuk pagar. Kesan yang muncul justru unik, dan indah. Sekaligus membuat pagar indah dan kuat bisa diperoleh sekaligus.

Cara Mengecat Pagar Kayu

pagar besi minimalis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk mengecat pagar rumah yang terbuat dari kayu. Namun pada prinsipnya sama seperti mengecat rumah yang sudah didiami, lindungi dulu semua perabot yang ada.

  • Untuk mengecat pagar di halaman, lindungi lebih dulu tanaman-tanaman di sekitar pagar. Bisa dengan membungkusnya menggunakan plastik atau memangkas bagian tanaman itu.
  • Setelah tanaman terlindungi, hal berikutnya yang harus dilakukan, adalah membersihkan pagar dari segala jenis kotoran. Bisa dengan cara dicuci dengan sabun. Tapi bisa juga dengan lap biasa. Tergantung kekotoran pagar itu.
  • Setelah pagar bersih, dan tidak mengganggu cat menempel di pagar, bisa langsung mengoleskan lapisan cat utama. Setelah itu biarkan kering, jangan langsung ditimpa cat selagi masih basah.
  • Untuk ukurang bidang yang luas gunakan kuas berukuran besar. Sedangkan untuk ukuran bidang kecil atau sempit gunakan kuas yang kecil. Jangan lupa perhatikan garis yang ada di kayu, ikuti arah garis itu dengan kuas saat mengecat. Cara lainnya adalah dengan menggunakan semprotan cat.
  • Setelah lapisan pertama benar-benar kering baru dilanjutkan dengan penambahan cat. Jika diperlukan.
  • Jika diyakini dengan satu lapisan sudah bagus, tak perlu menambah dengan lapisan berikutnya. Untuk jenis kayu yang terlihat uratnya, bisa digunakan jenis cat yang transparan. Sehingga, kesan alami bisa tetap terlihat.

Merawat Pagar Kayu

pagar bambu

Ada sejumlah masalah yang muncul dari pagar kayu. Di antaranya munculnya jamur, dan rayap yang membuat keropos. Selain juga karena perubahan cuaca yang membuat cat menjadi kusam. Agar masalah-masalah itu bisa diminimalkan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan.

Ambil teak oil, dan sapukan di permukaan cat yang sudah diamplas terlebih dulu. Lapisan teak oil bisa mencegah menempelnya jamur. Selain itu bisa digunakan juga pemoles cat yang bisa diperoleh di toko material bangunan.

Agar kayu aman dari rayap, pilih cat yang di dalamnya ada kandungan antirayap, dan setiap enam bulan sekali disemprotkan ke pagar. Khususnya ke bagian sudut-sudut yang rawan dengan serangan rayap. Di samping itu hindari pemancangan kayu langsung ke dalam tanah. Ini bisa diantisipasi dengan menggunakan beton atau besi.

Jangan tunggu seluruh cat terlihat kusam untuk mengecat ulang. Saat ada bagian pagar yang terlihat mulai kusam segera lakukan pengecatan ulang di bagian tersebut.

Semoga artikel di atas membantu saat membangun rumah. Dan jangan lupakan saat menatap halaman rumah anda, yakni kehadiran pagar kayu. (mat)

Loading...