free page hit counter

Menyembuhkan Jerawat dengan Cepat

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Menyembuhkan jerawat dengan cepat acap ditanyakan banyak orang. Apalagi jika jerawat tiba-tiba muncul di saat menjelang acara penting. Obat dari dokter menjadi pilihan utama sebagai cara menghilangkan jerawat dalam semalam.

Namun, reaksi obat dokter tidak bisa langsung terlihat dan perlu waktu beberapa hari untuk menghilangkan radang jerawat itu.

Akan tetapi ada cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan radang dalam waktu singkat dan murah. Berikut ini pilihan yang bisa dipilih yang dirangkum dari berbagai sumber.

Penyebab Jerawat Meradang

meradang di pipi_1

Radang jerawat berawal dari kelebihan sebum. Bahkan, melebihi dinding folikel di kulit. Kelebihan sebum di dalam pori-pori bercampur dengan sel kulit mati. Sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Akibatnya, bakteri jerawat berkembang dan membuatnya meradang. Peradangan semakin parah karena sisa radikal bebas merusak jaringan. Sehingga menyebabkan jerawat merah di wajah.

Kemerahan pada kulit itu akan hilang sendiri jika jerawat tidak berkembang. Akan tetapi tidak bisa cepat dan perlu waktu.

Cara Cepat Memulihkan Radang Jerawat

meradang di pipi_2

Ada sejumlah cara cepat yang diyakini bisa memulihkan radang jerawat dengan cepat. Bahkan bisa pulih dalam waktu satu malam saja. Caranya sederhana dan murah. Berikut caranya.

Kompres dengan Es Batu

Es batu yang dibungkus dengan kain yang lembut dan tipis diyakini mampu menyembuhkan radang jerawat dengan cepat. Sekaligus menjadi obat jerawat. Es batu dikompreskan ke jerawat yang meradang dan dilakukan berulang-ulang.

Lakukan dengan perlahan dan dengan jeda waktu beberapa menit. Jangan terlalu keras menekan jerawat yang meradang di pipi dengan kompres es batu. Sebab, hal itu bisa membuat bagian jerawat terluka. Jika terluka bakteri bisa menyerang bagian tersebut.

Menggunakan Aspirin

obat 1

Aspirin biasanya digunakan untuk meredakan sakit kepala. Namun, aspirin ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi kemerahan yang muncul di jerawat.

Sebab, aspirin juga mengandung asam salisilat yang mampu mengelupaskan kulit mati. Sekaligus untuk mengurangi radang di jerawat.

Cara menggunakan aspirin untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat adalah dengan melumatkannya. Untuk melumatkannya bisa diawali dengan menggerus aspirin hingga menjadi bubuk.

Setelah jadi bubuk tetesi dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta. Setelah jadi pasta baru ditempelkan di jerawat yang meradang, termasuk jerawat batu.

Agar pasta itu menempel dengan baik gunakan plester. Pasta yang sudah diplester itu didiamkan sekitar 30 menit. Setelah itu angkat dan bersihkam dengan air hangat.

Menggunakan Pasta Gigi

Cara ini sebenarnya sudah dikehui oleh banyak orang. Sebabnya, karena pasta gigi mengandung silica yang bisa mengeringkan jerawat. Dengan catatan pasta gigi yang digunakan untuk jerawat tidak boleh mengandung mentol atau flouride.

Sebab, bahan tersebut bisa membuat iritasi pada kulit

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan cara yang satu ini. Banyak orang yang bilang bahwa pasta gigi bisa cepat menghilangkan jerawat karena mengandung silica. Silica adalah zat aktif yang membantu mengeringkan jerawat. Sekaligus, menyembuhkan jerawat dengan cepat.

Namun, jangan gunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Dua bahan ini dapat membuat kulit rentan iritasi, hingga menyebabkan kemunculan jerawat yang lebih banyak.

Penting untuk diingat, bahwa tiga cara cepat menghilangkan jerawat ini tidak benar-benar menuntaskan akar masalahnya. Cara-cara ini hanya sebatas ditujukan untuk meredakan bengkak, dan menghilangkan kemerahannya saja.

Tidak termasuk sebagai cara mengatasi jerawat bernanah. Anda perlu mengobati jerawat Anda sedini mungkin untuk mencegah terjadinya bekas luka. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •