free page hit counter

Kursi Taman yang Indah, Kuat dan Menarik

Kursi taman tak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, tapi juga menambah keindahan rumah. Karenanya banyak rumah yang menambahkannya di halaman atau di taman. Sekaligus menjadikan kursi taman sebagai ornamen penting pada sebuah rumah.

Mengingat pentingnya peran, dan fungsinya, maka kursi yang akan ditempatkan di halaman itu tidak asal saja. Perlu dipilih jenisnya, bentuknya hingga kekuatannya.

Berikut ini, adalah rekomendasi untuk memilih jenis kursi taman yang akan digunakan. Agar, taman atau halaman rumah Anda semakin cantik, menarik, dan membuat betah duduk di taman.

Materialnya yang Tahan Cuaca

kursi taman 2

Mengingat posisinya di taman atau di halaman yang terpapar langsung dengan segala jenis cuaca, kursi taman dituntut kebal dari cuaca. Bahan kursinya bisa saja dari logam campuran, kayu atau dari material plastik.

Untuk yang dari bahan material logam, mesti dilindungi lagi dengan cat minyak khusus di luar ruangan. Agar, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Apalagi jika habis kena hujan, sisa air hujan harus selalu dikeringkan. Supaya tidak memancing karat datang.

Hal serupa juga dilakukan untuk kursi yang berbahan plastik. Bukan untuk membeskan dari karat. Namun, agar warnanya tidak cepat pudar. Selain membuat kursi lebih awet.

Sedangkan untuk yang berbahan kayu, jenisnya perlu diperhatikan. Ada banyak kayu, tapi yang tahan segala cuaca tidak banyak, dan harganya juga lebih mahal.

Kemahalannya seimbang dengan ketahanannya terhadap cuaca. Di samping usianya yang panjang, dan penampilannya yang berestetika. Kemudian, indah dipandang mata, dan membuat nyaman yang duduk.

Sekaligus menjadi kursi taman unik. Apalagi jika ditambah payung khusus, dan menjadi kursi taman payung.

Kursi taman dari bahan kayu berkualitas lebih direkomendasikan. Walau harganya lebih kompetitif dibandingkan dengan kursi dari logam, dan plastik.

Bisa Diduduki Dua Orang Dewasa

kursi taman payung 1

Selain untuk estetika, dan menambah keindahan rumah, kursi yang ditempatkan di taman sebaiknya juga bisa digunakan. Karenanya, ukuran kursi juga harus diperhatikan.

Idealnya kursi tersebut minimal bisa diduduki oleh dua orang dewasa, dan tidak bersempitan. Agar, kenyamanan duduk bisa tetap terjaga.

Untuk itu disarankan panjang minimal kursinya, adalah 120 centimeter. Ukuran ini cukup nyaman digunakan. Meski begitu, Anda bisa menyesuaikannya dengan batas kenyamanan masing-masing.

Jika ukuran tersebut masih dirasa sempit, Anda bisa menambahnya sesuai selera. Tentunya penambahan ukuran akan meningkatkan biaya. Termasuk biaya perawatan.

Material Kursi yang Tebal dan Kuat

kursi taman unik 2

Material yang kita bahas di sini, adalah yang berbahan dasar dari kayu. Seperti dari bahan lainnya, kursi taman bermaterial kayu harus sangat kuat. Jaminan kekuatannya tidak hanya dari kualitas, tapi juga dari ketebalannya.

Harus tebal karena selalu terpapar dengan hujan, dan panas, siang hari serta di malam hari. Perbedaan suhu yang ekstrem juga memengaruhi kekuatannya.

Maka, ketebalan kayu memang diperlukan. Apalagi untuk daerah yang beda suhu siang dengan malam, cukup besar. Apalagi, jika kualitas kayu yang digunakan bukan yang terbaik.

Mudah Disesuaikan

dekorasi kolam

Salah satu yang harus diperhatikan dari kursi taman, adalah kemudahannya untuk ditempatkan di semua sudut halaman. Karenanya, kursi tersebut sebaiknya mudah dibongkar dan dipasang kembali.

Semua jenis material kursi bisa dibuat seperti itu. Terlebih untuk jenis kursi yang memang dirakit khusus untuk ditempatkan di taman atau di halaman.

Tentunya, untuk jenis kursi seperti itu memerlukan biaya sedikit lebih mahal. Ada jenis kursi yang memang dibuat terpisah, dan dirakit kembali dengan mudah.

Tapi tak sedikit juga yang merancangnya sendiri. Setelah lebih dulu memelajarinya melalui media atau buku. Carilah yang sesuai dengan taman, dan halaman Anda. Kemudian, cari yang mudah untuk dirakit kembali. Temukan keasyikan bersibuk ria di kursi taman. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •