Jembatan Batam – Bintan Segera Terwujud, Ini Tahapan Pembangunannya di 2019

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jembatan Batam – Bintan, pembangunannya mulai dilaksanakan tahun 2019 ini. Untuk tahap awal, sudah dimulai dengan turunnya tim dari Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), April lalu.

Tim tersebut meninjau, dan mengoreksi titik tapak jembatan Batam – Bintan, yang merupakan bagian dari tahap studi. Tahapan studi ini masih terus berlanjut dengan sejumlah kegiatan lainnya.

Seperti menyiapkan readiness criteria, review Feasibility Study (tahun 2019), dan Detail Engineering Design (DED). Kemudian, dokumen lingkungan, dan lahan atau studi LARAP (Land Acquisition and Resettlement Action Plan).

Hal ini disampaikan Budi, Kepala Balai Jalan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR menjawab suarasiber.com, Rabu (10/7/2019).

Keterangan ini senada dengan yang disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pembangunan jembatan Batam – Bintan dimulai tahun 2019 dengan tahap studi, yang diharapkan selesai tahun ini. Sebagaimana dikutip dari detik.com, Rabu (10/7/2019).

Dalam penelusuran suarasiber.com, readiness criteria atau kriteria kesiapan program, adalah studi kelayakan. Termasuk di dalamnya tentang analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), dan desain detail teknis. Kemudian, dokumen tender dan ketersediaan tanah.

Sedangkan, feasibility study (FS) merupakan studi untuk menilai kelayakan proyek. Dari mulai pembiayaan hingga dampaknya.

Kemudian, DED (Detail Engineering Design) untuk merencanakan detail bangunan jembatan. Semua ini menjadi pedoman di pelaksanaan pembangunan nanti. Selanjutnya dilaksanakan studi LARAP. Studi ini terkait dengan ketersediaan lahan. (mat)

Loading...