free page hit counter

Warga Anambas Mulai Budidayakan Rumput Laut

ANAMBAS (suarasiber) – Rumput laut menjadi komoditas yang diseriusi oleh Dinas Pertanian Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas. Baru-baru ini, Bupati Abdul Haris melaunching penenaman bibitnya.

Penanaman tumbuhan bernilai ekonomis ini dilakukan di Perairan Desa Temburun, Desa Batu Belah dan Desa Serat.

Selain Bupati, pejabat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yang menghadiri peresmian penanaman rumput yang tumbuh di lautan ini cukup banyak. Diantaranya Wakil Bupati,Sekretaris Daerah, Kepala Dinas DPPP, Kadis Kominfo. Juga hadir Kadis Perindag, Kasatpol PP, Sekretaris PTSP, Perwakilan Danlanal.

Aparatur Kecamatan Siantan Timur dan Kepala Desa Temburun dan Batu Belah juga ada di antara tamu undangan.

Dari ke-3 desa tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memberikan kesempatan kepada 60 Kepala Keluarga (KK) sebagai percontohan.

Rumput Laut demi Kesejahteraan

Kepada para undangan, Bupati Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris SH mengatakan kegiatan yang diresmikannya merupakan bentuk perhatian pemerintah.

“Pemerintah ingin terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan penanaman rumput laut ini,” kata Haris, dilansir dari anambaskab.go.id.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Perikanan akan memberikan dukungan. Bagaimana supaya masyarakat bisa bisa mendapatkan pekerjaan atau setidaknya memiliki usaha sendiri.

Mengingat potensi lautan di Anambas begitu besar, maka dipelajarilah peluang penanaman atau pembudidayaan rumput laut. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Pertanian yang memberikan bantuan bibit.

Dikatakan Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris, 60 Kepala Keluarga yang mendapatkan bantuan adalah tahap awal. Jika ke depan hasilnya bagus maka bantuan akan diberikan kepada lebih banyak petani agar komoditas ini lebih memasyarakat.

Siapkan Koperasi

Keinginan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Pertaninan untuk membudidayakan rumput laut di kabupaten ini sudah dipelajari matang-matang.

Sudah ada langkah-lanhkah yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas jika hasilnya menunjukkan keberhasilan.

Selain mengembangkan budidaya di desa desa lainnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas juga telah merencanakan pendirian koperasi.

Koperasi ini nanti berfungsi sebagai penampung hasil panen para petani. Dengan demikian para petani fokus pada budidaya saja, tidak harus ikut bingung memikir bagaimana menjual panen mereka.

Lebih dari itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan mencari investor. Untuk itu ia meminta instansi terkait terus memantau perkembangan budidaya rumput laut ini. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •