free page hit counter

Rossi Gagal 4 Besar Klasemen Sementara MotoGP

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Yamaha tersingkir dari 4 besar klasemen sementara MotoGP 2019. Setelah Valentino Rossi terjatuh, dan gagal finish di balapan seri keenam di Mugello Italia, Minggu (2/6/2019).

Legenda balap MotoGP berjuluk The Doctor itu, seakan melengkapi hari buruknya di Mugello. Rossi yang start di posisi 18, terjatuh di putaran ke-16, dan gagal melanjutkan lomba.

Petrucci Posisi 4 Klasemen Sementara MotoGP

Kegagalan yang membuat pendukungnya di Italia, kecewa. Sekaligus, membuat tim kuda besi tunggangannya gagal meraup poin.

Akibatnya, Rossi dengan Monster Energy Yamaha yang sebelumnya punya poin 72, dilengserkan ke posisi 5. Posisi 4 besar diambil alih Danilo Petrucci bersama Ducati dengan 82 poin.

Petrucci finish di posisi satu, dan berhak dapat 25 poin. Ini kemenangan perdana bagi Petrucci dalam karirnya di kelas MotoGP bersama Ducati.

Marquez Kukuh di Puncak Klasemen Sementara

Marc Marquez, masih terlalu kuat untuk rival-rivalnya di MotoGP hingga saat ini. Foto- motogp.com

Marc Marquez yang start dari posisi satu, finish di posisi kedua. Meski begitu, dia tetap memertahankan posisi teratas klasemen sementara dengan 115 poin.

Selisih poin dengan Andrea Dovioso, rival ketatnya pun melebar menjadi 12 poin. Dovioso di balapan itu finish di posisi ketiga.

Di balapan itu, Petrucci jadi melalui pertarungan sengit melawan Marc Marquez, Andrea Dovioso, dan Alex Rins.

Marquez dari tim Repsol Honda akhirnya finish di posisi kedua. Dovioso juga dari tim Ducati di posisi ketiga. Dan, Rins dari tim Suzuki di posisi keempat.

Pebalap Yamaha lainnya, Maverick Vinales finish di posisi keenam. Saat ini, Vinalis ada di posisi 8 klasemen sementara dengan poin 40.

Petrucci Rusak Dominasi Marquez dan Dovioso

Keempat pebalap itu mendominasi balapan sejak start. Saling susul terus berulang di antara keempatnya. Keempatnya juga sempat silih berganti memimpin lomba.

Marc Marquez dominan di putaran awal.
Tapi, dominasinya diambil alih Dovioso di pertengahan lomba, hingga beberapa lap menjelang finish.

Kali ini, Petrucci merusak dominasi dua pebalap pemuncak klasemen. Marquez dan Dovioso, bersaing ketat sejak di seri pertama MotoGP 2019

Beberapa lap menjelang finish, ketiganya bergantian saling susul hingga tikungan terakhir di lap penghujung. Marquez tengah memimpin saat itu, Dovioso masuk dari sisi dalam.

Marquez dan Dovioso Nyaris Tabrakan

Keduanya nyaris bersenggolan dan sama-sama menekan rem, untuk mengendalikan sepeda motor. Dan, menghindari crash.

Melihat situasi itu, Petrucci yang di posisi tiga langsung menyodok mengambil kesempatan. Dia masuk dari sisi dalam Dovioso.

Dalam waktu sepersekian detik, momen itu membuat ketiga pebalap itu tampak sejajar. Dan, dalam posisi tengah menikung.

Petrucci langsung melesat ke depan. Tak terkejar lagi oleh Marquez yang memenangi duel dengan Dovioso.

Klasemen MotoGP 2019

Kalah duel dengan Marquez, Dovioso bahkan nyaris terkejar oleh Alex Rins yang ada di posisi keempat. Mereka finish nyaris bersamaan di posisi tiga empat. Persis seperti Petrucci dan Marquez di posisi satu dan dua.

Kemenangan Danilo Petrucci membuatnya diganjar 25 poin, Marc Marquez 20 poin, Dovioso 16 poin, dan Alex Rins 13 poin. Poin hasil balapan inilah yang mengukuhkan posisi Marquez di klasemen MotoGP 2019 sementara waktu.

  1. Marc Marquez Honda 115
  2. Andrea Dovioso Ducati 103
  3. Alex Rins Suzuki 88
  4. Danilo Petrucci Ducati 82
  5. Valentino Rossi Yamaha 72
  6. Jack Miller Ducati 42
  7. Cal Crutchlow Honda 42
  8. Maverick Vinales Yamaha 40
  9. Takaaki Nakagami Honda 40
  10. Pol Espargaro KTM 38.

Seri ketujuh balapan MotoGP seri berikutnya akan digelar dua pekan ke depan di Catalunya, 16 Juni 2019. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •