free page hit counter

Pra Manasik Haji demi Haji Mabrur

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kemenag Bintan mengadakan bimbingan pra manasik haji di Gedung Aula Kantor Kemenag Bintan pada Sabtu, (22/6/2019). Kegiatan dibuka Wakil Bupati, Drs. Dalmasri Syam, diikuti 96 orang.

Temanya Melalui Pra Manasik Haji, Kita tingkatkan Pengetahuan Calon Jamaah Meraih Haji Mabrur. Pra manasik haji ini dihadiri Kepala Kemenag Bintan, Drs. Erman Zaruddin, M.M.Pd yang melaporkan dari 97 orang, 43 laki-laki dan 54 perempuan.

Berdasarkan lokasi asal, CJH dari Bintan Timur berjumlah 43 orang, CJH dari Bintan Utara 31 orang, CJH dari Teluk Bintan 3 orang,CJH dari Bintan Pesisir 3 orang, CJH dari Gunung Kijang 7 orang, CJH dari Toapaya 8 orang, CJH dari Teluk Sebong 2 orang. Kecamatan yang tidak ada CJH nya adalah Seri Kuala Lobam, Mantang, dan Tambelan.

Agenda Pra Manasik Haji ini membahas hal-hal yang bersifat umum yaitu keimigrasian, kesehatan, katering, dan pemondokan di Mekkah. Erman mengatakan pemondokan CJH Embarkasi Sumatera termasuk embarkasi Batam adalah di Syisyah.

CJH Bintan masuk ke dalam embarkasi Batam yang terdiri dari 3 Provinsi yaitu, Riau, Kalimantan Timur, Jambi, dan Kepulauan Riau. Jumlah total Kloter Batam tahun ini adalah 29 Kloter, Kepri mempunyai 3 Kloter, yaitu Kloter 1, Kloter 17, dan terakhir kemungkinan Kloter 29.

Dalam sambutannya, Wabup Dalmasri mengatakan kunci melaksanakan ibadah haji adalah mempersiapkan mental dan ikhlas. “jika niatnya ingin ibadah, lupakanlah anak, istri, harta benda, apalagi jabatan atau pekerjaan, jika ini bisa dilakukan insyaallah akan mendapatkan haji yang mabrur” jelasnya.

Selain Wakil Bupati, kegiatan Pra Manasik Haji ini juga turut dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Bintan; dr. Bambang Utoyo, yang akan menjadi dokter para CJH selama menjalankan ibadah haji di Mekkah, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Bintan Sekretaris Daerah; Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Bintan, Zulkifli.

Kegiatan bimbingan Pra Manasik Haji ini merupakan rangkaian dari persiapan haji di Bintan, selanjutnya akan ada bimbingan Manasik tingkat Kabupaten, tingkat KUA, dan tingkat Provinsi. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •