Pemko Batam Tambah 1 SMP Negeri di Bengkong

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Pemko Batam akan membuka sebuah SMP negeri untuk masyarakat Bengkong. Sekolah ini untuk mengakomodir calon siswa yang tertolak di sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019/2020. Lokasinya di Kelurahan Tanjungbuntung.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan ada lahan seluas 5.000 meter persegi di samping Puskesmas yang bisa dimanfaatkan.

“Sekolah baru ini rencananya dibangun minimal lima lokal. Untuk mengakomodir 214 siswa tak tertampung di dua SMP di Bengkong,” ujar Rudi usai pertemuan dengan orangtua murid di Golden Prawn, Rabu (19/6). Demikian dilansir suarasiber dari mediacenter.batam.go.id.

Bangunannya, kata dia, tahun depan. Siswanya sementara menaumpang di SDN 012. Rencananya SMP baru ini namanya SMPN 62.

Rencana Pemko Batam ini sesuai dengan harapan masyarakat Tanjungbuntung. Seorang warga, Ermawati SMP terdekat dari kampung ini ada di Bengkong Sadai. Sedangkan SMPN 4 jaraknya sampai 2 kilometer.

Demikian juga ungkapan Parjuangan Simanjuntak. Menurutnya fasilitas pendidikan di Bengkong khususnya SMP negeri sangat sedikit, hanya ada dua sekolah. Sementara jumlah anak usia sekolah cukup tinggi.

“Jarak rumah kami dengan sekolah 944 meter. Tapi yang diterima 918 meter. Sedikit saja lagi. Kami harap dibangunkan sekolah baru. Bukan kami tak mau di swasta tapi sekarang mampunya di negeri,” kata dia, dilansir dari mediacenter.batam.go.id.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan menjelaskan pada PPDB dengan sistem zonasi lalu ada 543 anak yang mendaftar ke SMPN 4 Batam. Namun sekolah hanya mampu menerima 324 orang sesuai rencana daya tampung.

Sementara di SMPN 30 terdapat 451 pendaftar. Dan rencana daya tampung sekolah sebanyk 288 siswa. Artinya ada 382 calon siswa yang belum dapat tertampung di sekolah negeri. Sebanyak 219 di SMPN 4 dan 163 di SMPN 30.

Kepala SMPN 4 Batam, Desmizar meminta orang tua siswa tidak khawatir. Anak yang sudah mendaftar baik di SMPN 4 maupun SMPN 30 pasti akan terakomodir. Apakah nanti sebagai tambahan di SMPN 4, SMPN 30, atau masuk ke sekolah baru di SMPN 62.(mat)

Loading...