Padat Sekali Penumpang Kemarin…

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Saatnya mudik lebaran. Bagi warga kepulauan, datangnya kapal merupakan berkah dan harapan. Seperti saat KM Bukit Raya merapat ke Pelabuhan Letung, Anambas, Ahad (25/5/2019).

Seorang penumpang, Anto kepada suarasiber mengatakan beruntung KM Bukit Raya kembali diiperasikan setelah sempat docking.

Kapal Pelni ini sebelumnya berangkat dari Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Bintan menuju Letung, Jemaja, Anambas. Dari Pelabuhan Letung kapal akan bertolak ke Selat Lampa, Natuna.

Anto adalah salah satu penumpang tujuan Selat Lampa. “Padat sekali penumpang kemarin, ketika kami berangkat dari Pelabuhan Letung menuju pelabuhan Selat Lampa, natuna,” aku Anto.

Dirinya sempat merasa cemas ketika dapat informasi kapal Bukit Raya tidak berlayar atau setelah lebaran baru berlayar. Tapi alhamdulilah akhirnya ia tiba juga di Natuna.

Sedangkan Ipit pemudik dari Jemaja Anambas menuju Tanjungpinang tidak terlalu cemas, sebab pilihannya cukup banyak. Bisa menggunakan jalur laut atau jalur udara.

Bahkan ia sudah memesan tiket kapal jauh hari sebelumnya. Kalau beli sekarang sudah kehabisan tiket. Hanya Bukit Raya yang menjadi harapan terakhir.

Herman, karyawan PT Putra Anambas Shipping yang berkedudukan di Kecamatan Jemaja mengatakan, tiket kapal sudah habis hingga 30 Juni kemarin.

Penjualan tiket kapal sudah dibuka sebulan sebelum lebaran. Bagi pembeli tiket, tidak langsung mendapatkan tiket. Melainkan kwitandi yang bisa ditukarkan dengan tiket sehari sebelum keberangkatan.

Dimintai keterangan apakah akan menambah jumlah keberangkatan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang lebaran, Herman tidak bisa memastikan.

“Kami sebagai agen tidak menjual tiket di luar jadwal. Kecuali ada penambahan jadwal keberangkatan, tetapi semuanya diputuskan di Tanjungpinang. Intinya kami hanya menunggu informasi dari sana,” jelasnya. (hs)

Loading...