free page hit counter

Masyarakat Diminta Kerja Sama Demi Akreditasi RSUD Jemaja

ANAMBAS (suarasiber) – Direktur UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jemaja, dr Agustino Ahdia Putra menyosialisasikan Pelayanan Hak dan Kewajiban Pasien. Kegiatan untuk masyarakat ini berlangsung di Aula Kantor Camat Jemaja, 18 Juni lalu.

Sekcam Jemaja yang membuka sosialisasi ini, Supriadi, mengaku gembira dengan bakal diakreditasinya RSUD ini. Ia pun meminta peran bersama dari masyarakat demi terwujudnya status rumah sakit yang lebih baik.

Harapan juga datang dari Danramil 04 Letung, Kapten J Aruan. Ia melihat RSUD ini sudah memerlukan peralatan transfusi darah. “Agar seluruh komponen masyarakat yang mau mendonorkan darahnya dapat terlaksana. Transfusi darah sangat membantu bagi pasien yang kekurangan darah, mengingat kita tinggal di kepulauan,” jelasnya.

Sosialisasi Pelayanan Hak dan Kewajiban Pasien. Kegiatan untuk masyarakat ini berlangsung di Aula Kantor Camat Jemaja, 18 Juni lalu. Foto – hariyadi/suarasiber

Sementara itu dr Agustino Ahdia Putra membenarkan bakal diakreditasinya RSUD Jemaja. Saat ini pihaknya masih melengkapi persyaratan yang diminta.

“Kami dari pihak rumah sakit meminta kerja samanya dengan pemerintah maupun masyarakat,” harapannya.

Dengan terakreditasinya RSUD ini, bisa menjalin kerja sama dengan BPJS. Pelayanan dan fasilitas juga lebih baik untuk masyarakat.

Lebih lanjut dr Agustino menjelaskan tentang tata tertib, keselamatan dan kenyamanan pasien, hak dan kewajiban pasien yang diatur dalam UU No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Pejabat yang menghadiri sosialisasi Pelayanan Hak dan Kewajiban Pasien. Foto – hariyadi/suarasiber

Ada 10 Hak Pasien dan 8 Kewajiban Pasien selama di rumah sakit. Salah satunya, hak pasien di rawat.

“Pasien berhak mengetahui kondisi penyakit pasiennya. Namun juga wajib menaati peraturan yang ada di rumah sakit,” ungkapnya.

Rumah sakit juga area yang harus steril dari asap rokok.

“Semoga segera terakreditasi. Kami minta doa dan dukungan ke semua pihak dan masyarakat Jemaja,” pinta Agustino mengakhiri wawancara dengan suarsiber. (hs)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •