Kualifikasi MotoGP Catalunya, Fabio Pole Position

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – MotoGP Catalunya 2019 adalah seri ketujuh tahun 2019. Balap di Spanyol ini memunculkan kejutan. Di babak kualifikasi MotoGP, Sabtu (15/6/2019). Rookie atau pendatang baru, Fabio Quartararo (20) dari tim petronas Yamaha SRT berhasil meraih pole position.

Pemuda asal Prancis ini, disebut-sebut sebagai calon penerus Valentino Rossi di dunia balap motor dunia. Terbukti, di kualifikasi ini dia menyingkirkan para legenda hidup, dan meraih pole.

Quartararo mencetak waktu 1 menit 39,484 detik. Dan, berhak start dari posisi satu di balapan yang akan dilaksanakan,
Minggu (26/6/2019) pukul 19.00 WIB.

Posisi Para Kampiun di Kualifikasi MotoGP

Pada MotoGP Catalunya 2019 ini, Marc Marquez si juara dunia dari tim Repsol Honda akan start dari posisi kedua. Waktunya lebih lambat 0.015 detik dari Quartararo.

Sedangkan posisi start ketiga diisi rekan Valentino Rossi dari tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales. Catatan waktunya 0.226 detik lebih lambat dari Quartararo.

Rossi sendiri akan start dari posisi kelima. Sedangkan posisi empat diraih Franco Morbidelli dari tim Petronas Yamaha. Di klasemen sementara pebalap, Rossi ada di posisi lima dengan 72 poin.

Poinnya jauh di bawah Marquez di puncak klasemen dengan 115 poin. Karenanya, sebelum kualifikasi dimulai, Rossi sudah bertekad untuk maksimal di seri ketujuh MotoGP Catalunya ini.

MotoGP Catalunya 2019 Sengit

Balapan di seri Catalunya, Spanyol ini diprediksi akan berlangsung sengit. Tipisnya jarak poin di klasemen menjadi pemicunya. Gambaran bakal sengitnya balapan bisa dilihat di hasil kualifikasi.

Dovioso dari tim Mission Winnow Ducati
yang jadi rival terberat Marquez, akan start dari posisi keenam. Ducati lainnya yang baru mendapat kontrak, Petrucci start dari posisi ketujuh.

Selanjutnya di posisi delapan ada pebalap tangguh lainnya, Alex Rins. Rins kini bertengger di posisi tiga klasemen dengan 88 poin. Dan, dia yakin mampu bersaing dengan para juara MotoGP.

Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow akan start dari posisi sembilan. Disusul mantan juara dunia yang tengah kehilangan tajinya,
Jorge Lorenzo dari tim Repsol Honda.

Lorenzo Masih Lesu

Lorenzo baru saja kembali dari pabrik Honda di Jepang. Untuk menambah kemampuannya menguasai tunggangannya. Akan tetapi, dari posisi start ini Lorenzo tampak masih perlu waktu. Agar, bisa menyesuaikan diri dengan sepeda motor Honda.

Posisi 10 besar start MotoGP Catalunya 2019, Minggu (16/6/2019) pukul 19.00 WIB, adalah sebagai berikut:

  1. Fabio Quartararo, tim Petronas Yamaha.
  2. Marc Marquez, tim Repsol Honda
  3. Maverick ViƱales, tim Monster Energy Yamaha
  4. Franco Morbidelli, tim Petronas Yamaha
  5. Valentino Rossi, tim Monster Energy Yamaha
  6. Andrea Dovizioso, tim Mission Winnow Ducati
  7. Danilo Petrucci, tim Mission Winnow Ducati
  8. Alex Rins, tim Suzuki Ecstar
  9. Cal Crutchlow, tim LCR Honda
  10. Jorge Lorenzo, tim Repsol Honda. (mat)
Loading...