Jumat Barokah Terus Salurkan Bingkisan Sembako

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Polres Tanjungpinang melalui Satuan Binmas melaksanakan kegiatan Jumat Barokah untuk kali ke sekian, 31 Juni 2019. Bentuknya pembagian bingkisan sembako.

Penyaluran bingkisan sembako ini dipimpin oleh Kasat Binmas AKP Tasriadi dan didampingi KBO Sat Binmas Iptu Fauzi Izran. Tak ketinggalan sejumlah personel Sat Binmas Polres Tanjungpinang.

Kegiatan Jumat Barokah kali ini juga disejalankan dengan Dharma Bakti Saka Bhayangkara Polres Tanjungpinang. Turut serta dewan adat, dewan Saka serta anggota Saka Bhayangkara Polres Tanjungpinang.

Bingkisan Sembako untuk Zakiah dan Zaini

Pada pembagian bingkisan hari itu, personel mencari informasi calon penerima bantuan. Adalah Zakiah, perempuan berusia 47 tahun yang mendapatkan rezeki.

Zakiah tinggal di Kampung Kota, Kampung Bugis, Tanjungpinang. Ia adalah janda dua anak. Rumahnya sangat tidak layak untuk dihuni. Rumah ini dibangun di atas lahan warga yang memberikan tumpangan tanpa sewa.

Selain Zakiah, bingkisan sembako juga diterima Zaini. Perempuan 45 tahun ini merupakan warga Jalan Bukit Cermin, Tanjungpinang.

Penyerahan bingkisan sembako pada program Jumat Barokah Polres Tanjungpinang
Penyerahan bingkisan sembako pada program Jumat Barokah Polres Tanjungpinang. Foto – humas polres tanjungpinang

Senasib dengan Zakiah, Zaini juga hidup serba terbatas. Suaminya adalah pemulung. Tempat tinggalnya adalah bangunan sederhana yang merupakan tumpangan yang diberikan kerabatnya.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi SIK MH melalui Kasat Binmas AKP Tasriadi menuturkan ini adalah bentuk kepedulian.

“Merupakan wujud empati dan kepedulian Polres Tanjungpinang kepada warga masyarakat yang kurang mampu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan harapan bantuan bingkisan sembako tersebut bermanfaat,” ujar AKP Tarsiadi. (man)

Sedekah di bulan Ramadan merupakan keinginan banyak warga muslim. Hal ini karena sudah dijanjikan bahwa salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadan adalah melalui sedekah.

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadan

Berikut keutamaan bersedekah di bulan puasa yang perlu Anda ketahui, dilansir dari ramadanberbagi.com.

Pahala yang berlipat ganda

Sebenarnya bersedekah merupakan amalan yang bisa dilakukan kapan saja. Namun, berbeda dengan bulan-bulan lainnya, semua amal baik yang kita lakukan pada saat Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk juga pahala sedekah. Tidak hanya mendapat pahala yang berlipat ganda, bersedekah juga sekaligus sebagai penyempurna ibadah puasa yang tengah kita lakukan.

Naungan di hari akhir

Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di hari akhir. Salah satu dari 7 golongan manusia tersebut adalah orang yang bersedekah. Bagaimana cara sedekah yang benar? Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis riwayat Bukhari, yaitu “Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya.” Seperti itulah seharusnya menjalankan sedekah. Tak perlu diketahui orang lain. Cukuplah Allah yang akan mencatatnya sebagai amalan baikmu.

Keberkahan pada harta

Para ulama menjelaskan bahwa harta seseorang tidak akan berkurang hanya karena bersedekah. Yang dimaksud harta tidak berkurang di sini mencakup dua hal, yaitu pertama hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Kedua, secara wujudnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut akan ‘impas’ dengan pahala yang didapat dengan berlipat ganda.

Pintu surga

Dalam hadis riwayat Bukhari dijelaskan seseorang yang menyumbangkan harta di jalan Allah, maka akan terdapat pintui surga baginya. Golongan orang-orang tersebut adalah orang-orang yang mendirikan shalat dan orang-orang yang gemar bersedekah.

Menyucikan orang yang berpuasa

Di bulan Ramadan, Allah juga melimpahkan kebaikan dengan memberikan rahmat, ampunan, dan pembebasan dari api neraka kepada orang-orang yang bersedekah dan menyayangi sesamanya.

Memperkuat keimanan

Rasulullah mengatakan bahwa bersedekah adalah salah satu bukti dari keimanan seseorang. Karenanya kegiatan ini dinamakan shadaqah atau Shidqu Imanihi yang artinya kebenaran dari iman seseorang.

Bersyukur dengan hati yang berbahagia

Bagi orang yang bersedekah ada rasa senang, bangga, dan dada yang lapang setelah memberikan sedekahnya kepada orang lain yang membutuhkan. Tentu hal ini juga menjadi salah satu cara kita bersyukur dengan perasaan yang lebih bahagia karena telah membantu orang lain.(man)

Loading...