Gubkepri Kirim Air Bersih untuk Korban Kebakaran

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Gubernur H Nurdin Basirun mengirimkan bantuan air bersih dan peralatan mandi cuci kakus (MCK) untuk korban kebakaran Baloi Persero, Batam, Ahad (23/6/2019) petang.

Gubernur meninjau para korban yang ada di belakang Baloi Persero Lubukbaja, Batam. Kebakaran tersebut telah menghanguskan 41 rumah warga. Air bersih pun menjadi hal yang harus segera ada.

Nurdin tak membutuhkan waktu lama untuk mengetahui apa yang dibutuhkan korban kebakaran. Ia pun mendapatkan laporan dari Ketua RT setempat, Suparmin tentang kebutuhan yang mendesak. Salah satunya air bersih.

Air Bersih Tak Bisa Ditunda

Ketika mendengar kebutuhan air bersih, Gubernur Kepri Nurdin Basirun segera menghubungi orang – orang terkait untuk mendatangkan ir bersih ke lokasi. Selain itu, Suparmin juga menceritakan bagaimana anak-anak sekolah tak lagi memiliki peralatan sekolah.

Laporan ini pun lantas ditindaklanjuti Gubernur Nurdin dengan mengirimkan bantuan peralatan sekolah. Dengan begitu anak-anak korban kebakaran pun tak terganggu kegiatan sekolahnya hanya gara-gara tas atau sepatunya terbakar.

“Tadi Pak RT sebut air bersih dan MCK. Juga beberapa perlengkapan sekolah. Kami upayakan secepat mungkin. Agar dapat kita penuhi,” kata Nurdin saat peninjauan.

Air bersih pada kondisi usai kebakaran seperti itu, diakui Gubernur Nurdin merupakan kebutuhan yang tak bisa ditunda. Hal ini tak jauh dari kenyataan bahwa air menjadi bagian terpenting dari kehidupan manusia. tentu saja bantuan lain juga yharus diperhatikan.

Apresiasi Peran Serta Masyarakat

Sejumlah kebutuhan sudah disalurkan oleh beberapa elemen masyarakat. Melihat hal tersebut Gubernur Kepri Nurdin Basirun pun menyampaikan apresiasinya.

Ada pakaian layak pakai, makanan dan sebagainya. Itu semua sumbangan masyarakat Kepri dan komunitas-komunitas yang peduli. Mereka langsung bergerak dan membantu tatkala mendengar ada kebakaran melanda Baloi Persero.

“Alhamdulillah sesama masyarakat Kepri bisa merasakan derita sesamanya. Insyaallah segala kebaikan akan kembali semua kebaikan pada kita semua,” kata Nurdin.

Hal tersebut adalah sebuah modal untuk membangun Kepri. Korban kebakaran adalah orang-orang yang memerlukan bantuan, dan ketika ada orang lain membantunya itu merupakan anugerah.

Gubernur pun mengimbau agar air bersih, MCK, pakaian dan kebutuhan lain dikoordinasikan. Pujian juga diberikan Nurdin atas gerak cepat Menurut Nurdin, hal ini sebagai upaya semua pihak membantu saudaranya dalam meringankan ujian. Orang yang paling baik, kata Nurdin adalah mereka yang berguna untuk orang lain.

Apalagi, kata Nurdin, Wali Kota Batam H Muhammad Rudi bergerak cepat untuk peristiwa ini.

Anak-anak Gembira Air Bersih Datang

Anak-anak merasa gembira ketika mereka bisa mandi meski rumah mereka dan kamar mandinya tak ada lagi. Semkuanya karena bantuan air bersih dari Gubernur Kepri dan pihak lain.

Nurdin juga menuju ke tempat anak-anak yang sedang berkumpul. Mereka tengah dihibur oleh anggota Tim ACT Kepri. Ini semacam healing agar anak-anak tidak trauma dengan kejadian yang menimpa.

Tak mau hanya menjadi penonton, Gubernur Kepri Nurdin Basirun pun melarutkan diri. Ia masuk ke kumpulan bocah-bocah korban kebakaran. Mereka cerita, senang bisa mandi, bisa bermain dan kembali bersekolah.

Saat Nurdin menanyakan beberapa soal, semuanya dapat dijawab dengan benar. Anak-anak pun bertambah gembira kerana mendapatkan hadiah. Anak-anak pun berebut mengacungkan jari tangannya saat Nurdin usai membacakan pertanyaan.

“Mari kita jadikan anak-anak kita berguna bagi bangsa dan negara,” ajak Nurdin penuh semangat.

Petang Ditinjau, Malam Bantuan Datang

Sejumlah warga berterima kasih atas kepedulian pemerintah. Baik Gubernur Kepri, Wali Kota Batam dan pihak lain yang bisa merasakan penderitaan mereka.

Salah satunya ketersediaan air bersih yang sangat dibutuhkan. Juga peralatan sekolah untuk anak-anak mereka.

Sementara Gubernur Kepri Nurdin Basriun juga bertindak cepat. Ia meninjau kondisi para korban kebakaran pada Ahad petang. Tak lama setelah itu, malamnya ia kembali datang.

Kedatangannya pada malam itu sambil membawa serta kebutuhan bagi korban kebakaran di Baloi Persero. Setelah melakukan peninjauan, Gubernur Nurdin kembali datang Ahad malam untuk menyerahkan bantuan.

Adapun bantuan yang diserahkan di antaranya 80 paket sembako, makanan siap saji, lauk pauk, family kit, perlengkapan sekolah dan sandang. Demikian juga dengan air bersih dan MCK.

Mengapa di setiap terjadi musibah kebanyakan warga menginginkan bantuan air bersih terlebih dahulu? Berikut ini penjelasan tentang manfaat ait bersih, dilansir dari rilis resmi promkes.kemkes.go.id.

Manfaat Air Bersih dan Menjaga Kualitasnya

Air adalah salah satu elemen utama di Bumi yang menjadi bagian tidak terpisahkan bagi seluruh manusia. Makhluk hidup tidak dapat hidup jika tidak ada air, sehingga air sangat dibutuhkan untuk menjaga kelangsungan makhluk hidup.

Air dalam tubuh manusia sangat berfungsi untuk mengisi cairan dalam tubuh dengan meminum air. Selain untuk penghilang rasa haus dan manfaat utama lainnya air untuk tubuh, air juga memiliki manfaat lain yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan.

Salah satu bentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS adalah dengan menggunakan air bersih sehari-hari. Karena kualitas air dapat mempengaruhi kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

Air yang kita gunakan sehari-hari seperti minum, memasak, mandi dan lainnya harus dalam keadaan bersih sehingga kita dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan karena kualitas air buruk.

Dengan menggunakan air bersih kita dapat terhindar dari penyakit seperti diare, kolera, disentri, tipes, cacingan, penyakit kulit hingga keracunan. Untuk itu wajib bagi seluruh anggota keluarga dalam menggunakan air bersih setiap hari dan menjaga kualitas air tetap bersih di lingkungannya.

Berikut ada beberapa tips dalam menjaga kualitas air bersih di lingkungan.

  • Pisahkan jarak antara sumber air dengan jamban dan tempat pembuangan sampah minimal 10 meter
  • Sumber mata air harus dilindungi dari bahan pencemar
  • Sumur gali, sumur pompa, kran umum dan mata air harus dijaga bangunannya gar tidak rusak
  • Lantai sumur sebaiknya kedap air (diplester) dan tidak retak, bibir sumur dan dinding sumur harus diplester dan sumur ditutup;
  • Ember penampung air dilengkapi denga penutup dan gayung bertangkai, dijaga kebersihannya.
  • Air harus dihaga kebersihannya dengan tidak ada genangan air di sekitar sumber air, dan dilengkapi dengan saluran pembuangan air, tidak ada kotoran, tidak ada lumut, pada lantai/dinding sumur.

Semoga bermanfaat. (man)

Loading...