free page hit counter

Giliran Panti Jompo Disambangi Hi Melaya Karimun

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Panti Jompo yang ada di Desa Parit, Kecamatan Karimun, Kabupaten Tanjungbalai Karimun menjadi lokasi berbuka puasa bersama Himpunan Melayu raya (Hi Melaya), Kamis (30/5/2019).

Selama Ramadan, Hi Melaya di sejumlah kota/kabupaten di Kepri gencar menyelenggarakan berbuka puasa. Kegiatan ini biasanya diselingi santunan untuk panti jompo serta anak yatim piatu.

Di Desa Parit, Hi Melaya menggandeng Polsek Balai. Lokasinya di Masjid Nurul Yaqin.

Kapolsek Balai Karimun AKP Budi Hartono SIK hadir pada kegiatan tersebut. Juga Pembina Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun AKP Lulik Febiyantara SIK, Ketua Perhimpunan Melayu Raya Kabupaten Karimun M Firdaus beserta pengurus tampak berbaur.

Selain itu kegiatan sosial ini juga dihadiri anggota Bhabinkamtibmas.

“Kegiatan ini ditaja Melayu Raya bersama Polsek Balai, guna berbagai kebahagiaan. Mari berbagi berkah di bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah. Harapannya, mereka juga dapat menikmati indahnya bulan ini serta Idul Fitri,” terang Kapolsek Balai, AKP Budi Hartono.

.Kegiatan ini dinilai Budi juga sangat baik. Selain sebagai ajang silahturahmi di bulan baik bulan suci Ramadan dengan warga Desa Parit, juga bentuk peduli sesama. . Juga merupakan bentuk kepedulian sesama yang memang harus di tingkatkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Kemuliaan Menyantuni Panti Jompo

Seperti diriwayatkan dalam Hadis Ahmad dan Muslim, Rasulullah bersabda:

“Jika salah seorang di antaramu miskin, hendaknya dimulai dengan dirinya. Dan jika dalam itu ada kelebihan, barulah diberikan untuk keluarganya. Lalu apabila ada kelebihan lagi, maka untuk kerabatnya”

Atau sabdanya, “Untuk yang ada hubungan kekeluargaan dengannya. Kemudian apabila masih ada kelebihan, barulah untuk ini dan itu.”

Dalam keluarga, alangkah lebih baik baiknya kita bisa bersedekah untuk kedua orang tua. Sesuai firman Allah dalam Surat An-Nisa Ayat 36:

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak, karib kerabat, anak yatim, orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat dan ibnu sabil.

Sedekah kepada orangtua bisa dilakukan dengan menyisihkan sebagian harta, membantu meringankan beban dan pekerjaan rumah, merawat kedua orangtua yang sakit serta mendoakan kedua orang tua.

Perintah berbuat baik kepada orangtua juga tertulis dalam Surat Al-Luqman Ayat 14:

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada Ku lah tempat kembali.” (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •