free page hit counter

Cara Mudah Obati Jerawat Batu dengan Bahan Alami

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Setiap manusia, baik lelaki maupun perempuan mendambakan kulit wajah yang halus tanpa jerawat. Sebelnya jika wajah yang dijaga tiba-tiba muncul jerawat batu.

Jerawat bisa muncul tak hanya pada kulit manusia berusia remaja. Acapkali orang dewasa pun dihinggapi jerawat. Khusus remaja, jerawat batu bisa menimbulkan persoalan tersendiri. Salah satu akibatnya ialah minder, hilang rasa percaya diri.

Banyak dari mereka yang kemudian mencari hali kulit terbaik. Mengeluarkan banyak uang untuk mengobati jerawat yang membandel. Tahukah kalian bahwa alam sudah menyediakan obat jerawat yang mudah ditemukan?

Jerawat muncul tatkala folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Secara umum gejala jerawat ialah komedo yang tidak berinflamasi. Selain itu juga penuh nanah atau benjolan besar berwarna merah, jika diraba terasa lunak. Khusus jerawat batu, menyebabkan rasa sakit atau gatal. Jerawat jenis ini tak hanya muncul di wajah. Kadang ada di bahu, punggung dan lengan atas.

Obat Jerawat Batu Tak Harus Mahal

Berikut bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati jerawat batu yang membandel. Bahan tersebut dirangkum suarasiber.com dari berbagai sumber:

Putih Telur

Mengapa putih telur? Asal kalian tahu ya, putih telur ternyata mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Manfaat lainnya, mampu mengecilkan pori-pori kulit, dan hebatnya juga ampuh mengurangi minyak pada wajah.

Caranya, pisahkan putih dan kuning telur. Kocok putih telur hingga mengembang lalu oleskan pada bagian yang tumbuh jerawat batu. Biarkan selama 10 menit, selanjuutnya bilas menggunakan air hangat.

Ramuan Kunyit + Jeruk Nipis + Madu

Cara membuatnya, haluskan kunyit, teteskan air jeruk nipis dan dua sendom makan madu. Gunakan ramuan ini sebagai masker wajah. Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Tomat

Jika masih ada sisa tomat saat membuat sambal, jangan dibuang. Kebetulan jerawat muncul di wajah? Ambil tomat, belah menjadi dua bagian, potong-potong tipis. Oleskan potongan-potongan tomat tadi ke seluruh wajah. Kali ini biarkan selama 20 menit sampai mengering. Basuh dengan air bersih.

Kentang

Kentang tak hanya nikmat dibuat perkedel. Jenis umbi-umbian ini pun andal mengobati jerawat batu. Caranya, kupas satu kentang, potong tipis seperti pada tomat. Tempelkan pada bagian berjerawat, diamkan 10 menit, bilas air bersih.

Kulit Jeruk

Bukan hanya dagingnya, kulit jeruk pun mengandung vitamin C dan asam alpha hidroksi. Zat tersebut mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya, jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering. Tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit air, campur hingga menyerupai pasta. Oleaksn pada area jerawat, diamkan hingga mengering, cuci dengan air hangat.

Lidah Buaya

Antioksidan, mineral, vitamin C dan E adalah zat yang terkandung pada lidah buaya. Berikut cara menghilangkan jerawat batu dengan tumbuhan ini. Ambil gel lidah buaya, haluskan, gunakan sebagai masker, diamkan dan tunggu kering, basuh air bersih.

Demian bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat batu. Semoga bermanfaat. (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •