free page hit counter

Bupati Anambas Buka Lomba Permainan Domino

TAREMPA (suarasiber) – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris membuka Lomba Permainan Domino, Jumat (14/6/2019). Lomba ini diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke – 11 lahirnya Kabupaten Kepulauan Anambas.

Lomba permaianan domino yang merupakan permaianan rakyat ini dibuka Bupati yang didampingi Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra. Turut menghadiri pembukaan lomba pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) atau yang mewakili. Juga para kepala OPD.

Saat memberikan kata sambutannya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris mengharapkan lomba ini bukan sekadar permaianan.

“Sambil berlomba mari kita mempererat tali silaturahmi. Silaturahmi merupakan pengikat diantara kita. Dengan ikatan dan kebersamaan bisa dijadikan kekuatan untuk membangun Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas ke depan lebih baik,” pesan Bupati Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris.

Domino yang dilombakan dan dimainkan dengan tujuan untuk permainan memang bisa menguatkan kebersamaan. Namun Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris mengingatkan agar tidak menjadikannya sebagai sarana berjudi.

Bahkan dengan tegas ia mengatakan, dirinya tak akan pernah mendukung kegiatan semecam itu. Karena sudah jelas melanggar aturan yang ditentukan negara. Akibatnya membawa kerugian.

Lomba Permainan Domino ini memperebutkan hadiah. Diantaranya sepeda motor, kulkas dan mesin cuci.

Sejarah Permainan Domino

Dirangkum suarasiber dari berbagai sumber, permainan domino berasal dari beberapa sumber. Namun kemudian banyak dipercaya domino lahir di China.

Kapan lahirnya rupanya masih diperbincangkan. Ada yang menyebut mulai tahun 1120 masehi. Sementara versi lainnya menjelaskan permainan ini mulai dimainkan oleh tentara Hung Ming pada sekitar tahun 181-234 masehi. Masih ada versi ketiga, yang menceritakan permainan ini dikenal pada masa Keung T’ai Kung, sekitar 1.100 tahun sebelum masehi.

Yang percaya versi pertama menuliskan, pembuatnya adalah seorang pegawai negeri dan dipersembahkan untuk Kaisar Hui Tsung pada tahun 1120. Kemudian oleh Hui Tsung, yakni Kaisar Kao Tsung, permainan ini disebarkan ke seluruh dunia pada periode 1127 hingga 1163.

Dari China, permainan domino ini menyebar hingga Eropa. Ahli sejarah lain bernama Michael Dummet dalam bukunya Game of Tarot mengatakan di Eropa domino mulai dimainkan. Khususnya di Naples dan Venice pada awal abad ke-18.

Meski dimainkan oleh peserta lomba kampung, permainan domino membutuhkan ketelitian. Harus jeli membaca peluang. Jika dimainkan dengan pasangan harus konsisten. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •