Bupati Anambas Buka Latsar CPNS di Batam

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris SH membuka Latihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Batam, Kamis (20/6/2019).

CPNS yang mengikuti Latsar adalah merek Golongan II dan III. Bupati Abdul Haris didampingi Kepala Bapelkes Batam, Sekretaris Daerah Sahtiar SH, Ketua Komisi I DPRD Kepulauan Anambas .

Memberikan sambutan, Bupati Abdul Haris mengatakan dasar pelaksanaan Latsar CPNS ialah Peraturan LAN Nomor 12 Tahun 2018. Di sana dicantumkan bahwa Latsar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi secara terintegrasi.

Peserta CPNS Anambas Tahun Anggaran 2018 berjumlah 244 orang. Pelatihan dasar ini dibagi menjadi 3 gelombang. Golongan II Gelombang I diikuti 80 peserta, Golongan II Gelombang II diikuti 5 peserta. Terakhir Golongan III diikuti 159 peserta.

Untuk peserta Golongan II Gelombang II yang hanya 5 peserta, digabung dengan peserta dari Kota Batam, Kota Tanjungpinang dan Kemenkes.

CPNS dan PNS yang Profesional

Disampaikan oleh Bupati Anambas Abdul Haris, pelatihan dasar CPNS ini penting untuk mewujudkan karakter PNS yang profesional. Pelatihan yang terintegrasi dibutuhkan untuk membangun kompetensi pegawai negeri atau ASN.

Pelatihan Dasar CPNS diharapkan setiap peserta mampu membangun 5 kemampuan yang disebut ANEKA. Merupakan singkatan dari Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi.

Jika setiap materi yang disampaikan diikuti secara sungguh-sungguh, peserta Latsar akan mampu menerapkannya di tempat kerja. Pada ujungnya hal-hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan atau habituasi.

Sikap Bela Negara

Beberapa kali Bupati Anambas Abdul Haris mengingatkan CPNS untuk mengikuti Latsar secara sungguh-sungguh. Sebab ilmu yang diperoleh tak mustahil akan mendukung menjadi ASN yang profesional.

Salah satu hal yang ada dalam keprofesionalan ialah sikap bela negara. Yang memiliki sikap bela negara. Dilansir dari kominfo.go.id, bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Perilaku ini dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Ikutilah setiap kegiatan dan materi yang akan diberikan dalam Latsar ini. Supaya saudara sekalian bisa lulus 100 persen. Ketahuilah Latsar ini merupakan syarat bagi CPNS dapat diangkat menjadi pegawai negeri,” ujar Bupati Abdul Haris.

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut para Kepala OPD Kepulauan Anambas, para Widyaswara serta Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan Bapelkes. (hs)

Loading...