free page hit counter

Bintan Wrapping Cutting Sticker Variasi Pindah Lokasi

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Cutting sticker sudah menjadi bagian dari kebutuhan warga Tanjungpinang. Salah satu pioner bidang ini ialah Bintan Wrapping. Sejak 10 Juni 2019, lokasinya pindah ke Batu 5, tepatnya Jalan Sidorejo Nomor 76, Seijang, Tanjungpinang.

Sebelumnya, tempat cutting sticker, wrapping, decal, tulisan papan nama ini beralamat di Batu 9, Bintan Centre. Atau di deretan Kimia Farma. Di tempat baru, nama yang dipakai ialah New Bintan Wrapping (Inilah Stiker).

Kelebihan yang ditawarkan New Bintan Wrapping ialah tempat yang lebih luas. Satu tempat khusus untuk jasa pembuatan sticker ukuran besar, satu tempat khusus sablon digital dan sticker logo khususnya berukuran kecil.

Dan satu tempat ialah lokasi pemasangan sticker yang berada di bawah pohon rambutan berusia puluhan tahun yang rindang. Konsumen tak harus merasa gerah karena lokasinya di permukiman warga. Ada kursi dan meja disediakan untuk konsumen yang menunggu kendaraannya dipasang sticker.

Apakah Cutting Sticker Itu?

Lebih segar hawanya di New Bintan Wrapping (Inilah Stiker) alamat baru di Jalan Sidorejo, Batu 5. Foto – dok bintan wrapping

Cutting sticker ialah salah satu jenis sticker yang pembuatannya dengan cara memotong bahan sesuai desain. Jika desainnya ada 5 warna misalnya, satu per satu dari 5 bahan tadi harus dicutting. Selanjutnya disusun secara manual.

“Cara memotongnya dengan mesin cutting sticker. Setelah desain disusun, baru diangkat dan ditempelkan di medianya, mobil misalnya. Jadi tidak bahan sticker dipasang di bodi mobil lalu dipotong manual pakai pisau cutter,” tutur Helmi, pengelola Inilah Sticker New Bintan Wrapping kepada suarasiber, kemarin.

Cutting sticker berbeda jauh dengan sticker printing. Di mana desain langsung dicetak menggunakan mesin printer khusus. Cara mudah membedakan mana stickier cutting dan printing ialah dengan cara merabanya. Jika terasa seperti timbul saat diraba, karena per warna disusun manual, itu berarti cutting sticker.

Kelebihan cutting sticker ialah daya tahannya lebih lama. Namun usia sticker juga tergantung bahan yang digunakan. Biasanya bahan yang tahan lama masih buatan Eropa.

Lantas, Apa Itu Wrapping?

Wrapping ialah teknik memasang sticker dengan cara melapisi medianya dalam porsi besar. Misalnya menutup semua bodi samping sepeda motor. Atau bahkan menutup semua bodi mobil dengan bahan sticker sesuai warna yang dikehendaki.

“Wrap itu Bahasa Inggris, artinya membungkus. Kita tentu paham media tak selalu rata, misalnya tangki motor atau bodi samping motor. Atau bamper mobil, bagaimana memasangnya? Perlu tekni dengan bantuan alat pemanas atau hotgun,” tambah Izul, yang membantu Helmi.

Di Kepri, tempat sticker yang pertama menggunakan kata wrapping ialah Bintan Wrapping. Sejumlah klien pun tercatat pernah mengerjakan stickernya di sini. Baik perusahaan swasta atau BUMN, pemerintahan dan sebagainya.

Hasil wrapping juga bisa di-mix (campur). Misalnya tangki sepeda motor diwrapping satu warna, kemudian baru dipercantik dengan cutting sticker. Bentuknya bisa berupa tulisan, garis atau ornamen lain yang sesuai.

Jasa Cutting Sticker Sampai Malam

Mengerjakan sticker di tengah permukiman dan suasana alam di New Bintan Wrapping. Foto – dok bintan wrapping

New Bintan Wrapping Inilah Stiker di Jalan Sidorejo, belakang Polres Tanjungpinang buka setiap hari. Setiap bulan libur dua hari, yakni Jumat kedua dan keempat. Jam bukanya mulai 09.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Menurut Helmi dan Izul, yang belum sepenuhnya dipahami oleh sebagian orang ialah teknik mengopek. Istilah ini adalah proses mengelupas dan membuang lapisan bahan sticker yang tidak dipakai dalam desain.

Contohnya, konsumen hanya memesan desain bintang warna merah. Desainer akan membuatnya di komputer, untuk menentukan ukurannya. Setelah itu bahan berwarna merah dipasang pada mesin cutting sticker. Selanjutnya jarum mesin akan bergerak otomatis membentuk pola bintang yang ukurannya sesuai desain di komputer.

Bahan sticker dikeluarkan dari mesin. Namun bentuknya masih berupa seelmbar bahan sticker berwarna merah. Jarum mesin hanya memotong, tidak sekaligus mengelupas bagian yang di luar pola bintang tadi.

Untuk melepasnya masih menggunakan tangan manusia. “Jadi kadang ada yang bertanya mengapa kok mesinnya tidak mengelupas bagian tak terpakai secara otomatis. Mesin cutting hanya memotong agar presisi dan lebih rapi,” tambah Helmi.

Mengubah Tampilan Lebih Menarik

Bahkan AC rumah pun dibungkus bahan sticker. Foto – dok bintan wrapping

Lahirnya teknologi cutting sticker telah mengubah cara pandang manusia tentang karya seni. Sticker telah berguna mengubah tampilan sesuatu menjadi lebih menarik. Yang umum ialah sentuhan pada kendaraan bermotor.

Stiker bawaan pabrikannya pasti sama. Namun dengan cutting sticker bisa dipercantik sesuai keinginan pemiliknya. Hanya saja untuk membuat pola desain yang rumit dan banyak warna, biaya yang dikeluarkan pemilik kendaraan tidaklah kecil.

Bahan sticker yang berkualitas juga menjadi pelindung cat asli kendaraan. Jika pemiliknya merawatnya dengan benar, sticker akan tahan lama. Demikian juga dengan cara mencucinya, harus lebih hati-hati.

Berapa jumlah kendaraan yang sudah “dipermak” Bintan Wrapping sampai New Bintan Wrapping Inilah Stiker? Tak terhitung lagi. Cutting sticker? Ke Jalan Sidorejo saja bro! (man)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •