free page hit counter

Astra Internasional Bantu Dana Desa di Lingga

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Astra Internasional Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan, membantu dana desa untuk sekitar 645 desa di Indonesia. Desa di Kabupaten Lingga termasuk yang mendapatkannya.

Program Desa Sejahtera Astra 2019 itu diluncurkan atau kick off, Selasa (25/6/2019) di Jakarta. Yang ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara Kementerian Desa PDT, manajemen Astra Internasional, dan kepala daerah yang digandeng.

Bupati Lingga H Alias Wello, termasuk yang diajak serta dalam kerjasama itu. Menurut Alias Wello, perusahaan ini tak sekedar mengucurkan dana untuk desa. Tapi sekaligus juga menyertainya dengan pembinaan.

Program Desa Sejahtera Astra ini akan diawali dengan pelatihan. Kemudian, pendampingan, yang dilanjutkan dengan penguatan lembaga. Selain, adanya bantuan prasarana, modal desa hingga pemasarannya.

“Kami mengapresiasi Kementerian Desa dan PDT serta PT Astra Internasional Tbk, yang menyertakan Lingga dalam program ini,” kata Alias Wello yang akrab disapa Awe menjawab suarasiber.com, Selasa (25/6/2019).

645 Desa Dapat Program Dana Sejahtera Astra

Program Astra Internasional itu, ujar Awe, sudah diberikan untuk sekitar 370 desa, sebelumnya. Kini, diberikan lagi untuk 275 desa di Indonesia, termasuk desa di Kabupaten Lingga.

Sehingga, totalnya ada sekitar 645 desa di Indonesia yang mendapatkan program pengembangan ekonomi desa. Khususnya di bidang kewirausahaan.

“Program ini sebagai bentuk keberpihakan, dan kemitraan stake holder. Terutama Kementerian Desa PDT, PT Astra internasional, daerah dan desa. Untuk mewujudkan desa mandiri yang sejahtera,” jelas Awe.

Ditambahkannya, Program Desa Sejahtera Astra ini, fokus pada pengembangan program kewirausahaan. Yang berbasis masyarakat, dan dengan mengoptimalkan potensi ekonomi lokal.

Juga potensi produk unggulan desa. Yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan ekonomi masayarakat. Khususnya, masyarakat di perdesaan.

Mendes PDT Pun Puji Astra Internasional

Menurut Awe, di acara Kick Off Desa Sejahtera Astra 2019 dari Astra Internasional Tbk itu, dihadiri juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo.

Eko pada kesempatan itu, ujar Awe, juga mengengapresiasi kepedulian PT Astra International Tbk. Karena, telah peduli kepada pengembangan desa di Tanah Air.

Program itu dinilai Eko, bisa membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di desa. Di samping menjadi bagian dari pemerataan ekonomi. Dan, dapat meminimalkan kesenjangan ekonomi di desa-desa.

“Kita berharap desa di Lingga yang mendapatkan program ini, ke depannya bisa jadi contoh bagi desa lainnya. Di samping menjadi trigger, untuk memacu kesejahteraan masyakat di Lingga,” papar Awe. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •