679 Mahasiswa Asing Siap Jadi Duta Budaya Indonesia

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tahun ini, 679 mahasiswa dari 82 negara lulus program Darmasiswa yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selanjutnya mereka menjadi duta budaya Indonesia di negaranya masing-masing.

Dilansir dari kemdikbud.go.id, mereka mendapatkan pembekalan di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (17/6/2019).

Menurut Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Suharti, 679 peserta Darmasiswa merupakan modal besar bagi Indonesia. Mereka adalah duta-duta budaya di luar negeri,” ujarnya.

Para peserta, lanjut Suharti, menunjukkan perkembangan positif terhadap pembelajaran seni budaya Indonesia. Ia pun menceritakan perbedaan tersebut.

“Saat membuka Darmasiswa tahun ini, saya harus berbahasa Inggris karena mayoritas peserta belum bisa berbahasa Indonesia. Sekarang sudah bisa berbahasa Indonesia, bahkan sudah bisa tampil menyajikan puisi karya Chairil Anwar,” ujarnya.

Darmasiswa merupakan program pemberian beasiswa non-gelar selama setahun oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada mahasiswa asing dari negara-negara mitra atau sahabat untuk belajar bahasa dan seni budaya Indonesia pada perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Program ini telah menjadi kerja sama timbal balik pemberian beasiswa antara Indonesia dengan negara mitra, dan telah menjadi program soft diplomacy atau people to people contact melalui bidang pendidikan dan kebudayaan.

RM Pramutomo, Wakil Rektor III ISI Surakarta, menjelaskan sebanyak 443 peserta program beasiswa Darmasiswa RI dari 70 perguruan tinggi se-Indonesia menghadiri acara pembekalan kepulangan peserta Darmasiswa tahun 2018/2019.

“Pembekalan ini menampilkan unjuk hasil belajar siswa melalui pagelaran dan pameran siswa di masing-masing institusi pengelola Darmasiswa. Termasuk pagelaran karya peserta Darmasiswa dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, dan ISI Yogyakarta,” ujarnya.

Pembekalan program Darmasiswa tahun ini berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 17 sampai 19 Juni 2019 di ISI Surakarta, Jawa Tengah. (mat)

Loading...