Tempat Wisata Indonesia Dipromosikan di Belanda

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tempat wisata Indonesia dengan segala pesonanya dipromosikan di Tong Tong Fair (TTF) di Amsterdam, Belanda, 23 Mei – 2 Juni 2019. Tujuan promosi ini, adalah untuk menjaring wisman milenial dari kawasan Eropa.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya, Senin (27/5/2019), mengatakan promosi tempat wisata Indonesia ini terlaksana atas kerja sama dengan Tour Operator Smaragd Reizen. Juga dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag.

“Kemenpar ambil bagian dalam kegiatan ini, untuk menjaring segmen milenial. Sebab, beberapa tahun terakhir milenial rajin mengunjungi TTF,” kata Nia Niscaya.

Partisipasi Kemenpar berupa dukungan dalam bentuk “awareness campaign”, kontribusi sewa lahan, dan pembelian slot presentasi. Untuk “product knowledge 10 destination branding” atau destinasi prioritas, dekorasi booth, dan pendistribusian bahan promosi.

Perkenalkan Tempat Wisata Indonesia Unggulan

Promosi tempat wisata Indonesia mendapatkan perhatian masyarakat Belanda
Warga Belanda memanfaatkan TTF untuk lebih mengenal tempat wisata Indonesia. Foto – kemenpar.go.id

TTF ini merupakan festival budaya Asia, dan Indonesia terbesar di Belanda. Yang tahun ini merupakan penyelenggaraan TTF yang ke-61.

Nia mengatakan, di TTF 2019, di sini akan mengenalkan tempat wisata Indonesia unggulan. Diwakili oleh dua travel agent/tur operator di Belanda, yakni Smaragd Reizen dan Merapi Tour & Travel.

“Produk yang akan ditawarkan, adalah implementasi dari strategi tourism hub melalui Singapura dan Kuala Lumpur.

Istilahnya, strategi itu untuk menjaring di kolam tetangga yang sudah banyak ikannya.

Strategi ini juga sebagai jawaban dari masih kurangnya jumlah seat, dan direct flight dari originasi Eropa ke Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, lewat partisipasi ini juga diharapkan dapat terlaksana Joint Promotion dengan Smaragd Reizen. Untuk menawarkan paket Dual Destination (Singapura/Malaysia/Thailand – Indonesia) dengan paket lebih lama tinggal di destinasi Indonesia.

Smaragd Reizen, adalah salah satu TA/TO di Belanda yang banyak menjual paket Asia Tenggara. Termasuk Indonesia, meliputi Sumatera, Jawa, dan Bali.

Sementara Merapi Tour & Travel juga menawarkan daerah eksotis Indonesia bagian Timur. Antara lain NTT, Papua, dan Kalimantan.

Kejar Liburan Musim Panas

“Selain itu, demografi wisman yang telah bergeser, menjadikan Wonderful Indonesia harus menyesuaikan dengan selera wisman berusia muda atau milenial.

Kategori wisman ini sangat menggemari destinasi baru. Tujuannya, agar mereka menjadi yang pertama mengekspos destinasi tersebut. Baik melalui media sosial atau platform komunikasi lainnya,” katanya.

Melalui pemberian informasi yang jelas, Kemenpar berharap dapat membangun minat berwisata bagi pengunjung. Agar, berlibur ke Indonesia dalam waktu dekat. Khususnya selama periode musim panas.

Pengunjung yang tertarik dapat dengan mudah memesan paket destinasi ganda. Atau “dual destination” di booth industri yang hadir.

“Dengan melihat musim, dalam waktu dekat peak season kunjungan wisman Belanda ke Indonesia, adalah pada Juli dan Agustus.

Atau saat mereka liburan musim panas. Periode Mei ini masih menjadi periode booking yang cukup tepat. Sehingga, kami melakukan upaya promosi termasuk melalui festival ini,” kata Nia.

TTF pertama kali diadakan pada 1959 sebagai ajang reuni masyarakat Belanda yang pernah tinggal di Indonesia. TTF selanjutnya berkembang menjadi event budaya yang mengetengahkan budaya Asia lainnya dan juga Pasifik sehingga tempat wisata Indonesia lebih dikenal. (mat)

Loading...