Santunan Anak Yatim dan Bukber di Lantamal IV

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah SE MAP menggelar buka puasa, Ahad (26/5/2019). Kegiatan juga dilengkapi dengan santunan anak yatim.

Santunan anak yatim diberikan dengan mengundang sejumlah anak-anak yang kurang beruntung ini. Mereka datang dan berbuka puasa bersama prajurit militer dan juga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Rangkaian kegiatan yang berlangsung di Mess Transit Samadikun Lantamal IV ini juga disejelankan dengan peringatan Nuzulul Quran 1440 H/ 2019 M.

Santunan Anak Yatim Hidayatullah

Acara didahului dengan doa bersama. Doa bersama ini dalam rangka ditempatinya rumah dinas baru oleh Komandan Lantamal IV. Santunan anak yatim piatu mengundang anak-anak Panti Asuhan Hidayatullah, Jalan Matador.

Danlantamal IV menyerahkan santunan langsung kepada anak-anak panti asuhan. Wajah anak-anak yatim tampak bergembira karena bisa berkumpul dengan banyak orang.

Di dalam acara buka puasa bersama dan peringatan Nuzulul Quran ini dilakukan pembacaan ayat suci Alquran oleh Egi Rianto. Egi merupakan bilal Masjid Raya Nur Ilahi Dompak. Sementara saritilawah oleh Serka Yulianti. Baru kemudian Danlantamal IV memberikan sambutan.

Danlantamal IV mengatakan, tema pada saat itu ialah meningkatkan iman dan takwa. Bagi prajurit, PNS dalam mendukung tugas pokok TNI.

Petunjuk Nilai Kebaikan

Dalam kata sambutannya, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah SE MAP memberikan penegasan. Diantaranya soal berbuka puasa, nuzulul quran serta santunan anak yatim untuk meningkatkan tali silaturahmi.

“Juga untuk mengenang suatu peristiwa penting bagi peradaban umat manusia di dunia. Yaitu turunya kitab suci Alquran sebagai tuntunan dan pedoman. Juga petunjuk agar dapat mencapai nilai-nilai kebaikan, kebenaran maupun hal-hal lain,” tegas Danlantamal IV.

Semuanya itu erat kaitanya dengan upaya meningkatkan kualitas diri sebagai hamba Allah SWT.

Ia menyebut tema yang diangkat tepat. Mengalamkan Alquran secara benar merupakan cerminan dari kemantapan iman yang terpancar dalam disiplin pribadi.

Hal tersebut dapat dikembangkan menjadi disipliln keluarga dam disiplin dalam kedinasan. Sehingga dapat memantapkan profesionalisme sebagai Prajurit Matra Laut. Pada gilirannya mampu melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan.

Rahmatan Lil Alamiin

Danlantamal IV mengingatkan betapa indahnya jika memedomani Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian akan menjadi Rahmatan Lil Alamin. Hal tersebut sebagaimana teladan Nabi Muhammad SAW dan terwujudnya peningkatan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Acara buka puasa dan peringatan Nuzulul Quran diisi dengan ceramah Ustaz Rizaldi Siregar SAg MAg. Lantas dilanjutkan dengan doa dan buka bersama serta salat maghrib berjemaah. Bertindak sebagai imam adalah Ustaz Fahmi Ulum Al Hafid yang tak lain imam Masjid Agung Baiturrahman Tanjungbalai Karimun.

Hadir pada acara tersebut Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kadis dan Kasatker Lantamal IV,Wakabin RSAL Dr.Midiyato Suratani, Danwing Udara 2, Kafasharkan Mentigi, Danludal TPI, Ketua Korcab IV Daerah Jalasenastri Armada I berserta pengurus, dan seluruh prajurit serta Pns Lantamal IV. Demikian disampaikan Kadispen Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor Saul Jamlaay. (man)

Loading...