PDI Perjuangan Rajai Pemilu 2019 Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – PDI Perjuangan merajai hasil Pemilu 2019 untuk DPRD Kota Tanjungpinang, dan DPRD Provinsi Kepri.

Untuk dewan kota partai ini meraih suara terbanyak sekitar 17.413 suara. Dan, untuk dewan Kepri juga meraih suara terbanyak sekitar 24.026 suara.

Sekaligus mengantarkan Sekretaris Partai PDIP Kepri H Lis Darmansyah ke kursi DPRD Kepri. Mantan Wako Tanjungpinang ini meraih suara terbanyak pribadi di Pemilu 2019, untuk dewan Kepri dari dapil Tanjungpinang.

Agus Djurianto, Sekretaris Partai PDI Perjuangan Tanjungpinang diprediksi akan memimpin DPRD Kota Tanjungpinang 2019 – 2024. Dia akan menggantikan rekannya Suparno, yang kali ini maju ke dewan Kepri dari dapil Bintan Lingga.

Penghitungan tersebut diperoleh setelah hasil pleno KPU Kota Tanjungpinang, Sabtu (4/5/2019). Rapat yang dipimpin Ketua KPU Aswin Nasution itu dilaksanakan di Hotel CK Tanjungpinang.

Jeblok di Bintan

Berbeda dengan di Kota Tanjungpinang, di Kabupaten Bintan Partai yang diketuai Megawati ini jeblok. Bahkan, kursi Wakil Ketua II yang kini dijabat Trijono, lepas ke Partai Nasdem.

Tak hanya untuk kursi DPRD Bintan, PDI Perjuangan juga kehilangan wakil untuk ke DPRD Kepri dari dapil Bintan Lingga. Dari 6 kursi yang tersedia, tak satupun diraih PDIP Bintan.

Dua kursi diraih Deby Maryanti, dan Herliyanto dari Demokrat, dua lainnya diraih Dewi Komalasari, dan Kamaruddin Ali dari Golkar, satu kursi diraih pendatang baru Khazalik dari Nasdem. Dan, satu lagi diraih petahana PKS, Hanafi Ekra.

Wakil Bintan Lingga di DPRD Kepri, adalah:

  1. Deby Maryani (Demokrat)
  2. Dewi Komalasari (Golkar)
  3. Khazalik (Nasdem)
  4. Herliyanto (Demokrat)
  5. Kamaruddin Ali (Golkar)
  6. Hanafi Ekra (PKS)

Nasdem Mencuat di Kota Tanjungpinang

Partai yang dipimpin Megawati dan Golkar memang berhasil memertahankan supremasinya di Dewan Kota. Kursi ketua tetap ketua dewan, kursi wakil ketua I juga tetap dipegang Partai Golkar.

Sedangkan kursi wakil ketua II diraih pendatang baru, Nasdem. Partai Golkar meraih sekitar 16.882 suara, dan Nasdem sekitar 12.689 suara.

Dengan jumlah tersebut, Nasdem mengirim 4 orang wakilnya ke dewan kota. Partai PDI Perjuangan mengirim 5 wakil, dan Golkar juga 5 wakil ke dewan kota.

Tak cuma mengejutkan di dewan kota, Partai Nasdem juga membuat kejutan ke Dewan Provinsi Kepri dari dapil Tanjungpinang. Ketua Nasdem Tanjungpinang Bobby Jayanto menjadi pendatang baru di Dewan Kepri.

Selain Bobby, pendatang baru lainnya, adalah Lis Darmansyah dari Partai PDIP dan Eis Aswati dari Partai Demokrat.

Dua wakil Tanjungpinang lainnya ke Dewan Kepri, adalah Teddy Jun Askara dari Partai Golkar. Dan, Rudi Chua dari Partai Hanura. Yang menyisihkan wakil dari Partai PKS.

Dengan demikian wakil Tanjungpinang di Dewan Provinsi Kepri, adalah:

  1. Lis Darmansyah (PDIP)
  2. Teddy Jun Askara (Golkar)
  3. Ais Aswati (Demokrat)
  4. Bobby Jayanto (Nasdem)
  5. Rudi Chua (Hanura). (mat)
Loading...