Maaf, Pantai Pulau Berhala Bukan Tempat Sampah

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Tempat sampah yang dimanfaatkan secara maksimal menjadi hal penting di Pulau Berhala. Hal ini perlu untuk menjaga kelestarian lautnya.

Jajaran TNI dan Polri di Kecamatan Jemaja, Anambas, melakukan kegiatan bersih bersih lingkungan, Sabtu (4/5/2019). Pantai yang menjadi lokasi bersih lingkungan ialah Pantai Pulau Berhala.

Kegiatan sebagai bentuk peduli TNI dan Polri terhadap lingkungan ini dipimpin Danposal Jemaja, Letda Laut Arif Budiman beserta Kanit Reskrim Polsek Jemaja Ipda Alex Yasral.

Diawali Apel Gabungan

Sebelum melakukan bersih bersih pantai, dilakukan apel gabungan yang diikuti. Seluruh peserta bersih Pantai Pulau Berhala diberikan pengarahan.

Mereka adalah anggota TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat dan Polsek Jemaja, Tagana, Syahbandar Pelabuhan Letung. Bersih pantai juga diikuti pegawai Puskesmas Jemaja, anggota Pramuka SMA Negeri 1 Jemaja didampingi pembinanya.

Danposal Jemaja, Letda Laut Arif Budiman mengatakan, bersih pantai dilakukan untuk menumbuhkan rasa peduli lingkungan. Bisa dimulai dari hal terkecil. Yakni memanfaatkan tempat sampah sebaik mungkin.

Menurut Arif, laut sudah seharusnya dijaga kelestariannya. Karena banyak mahluk hidup ada di dalamnya. Jika masyarakat tidak peuli tempat sampah, lautan akan tercemar.

Apel sebelum bersih Pantai Pulau Berhala
Apel gabungan sebelum terjun ke Pantai Pulau Berhala membersihkan sampah. Foto – hariyadi/suarasiber

Sampah yang terus menerus ada di laut bisa menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem. Hal ini, kata Arif, harus disadari semua warga yang tinggal di tepi pantai.

Luasnya lautan bukanlah tempat sampah. Lebih bijaksana membaung sampah di tempat sampah, kalau sudah menumpuk bisa dibakar. memang membutuhkan kerja keras untuk membentuk pola peduli lingkungan, pesan Arif.

“Bagi masyarakat yang bermukim dipinggir laut untuk selalu menjaga kebersihan. Terutama sampah rumah tangga, supaya tidak membuang sampah di laut. Laut bukan tempat sampah. Ingat, ya,” ulang Arif.

Hindari Laut sebagai Tempat Sampah

Senada dengan Arif, Kanit Reskrim Polsek Jemaja Ipda Alex Yasral mengingatkan potensi Jemaja dan Anambas pada umumnya.

Belakangan, Anambas semakin dikenal dunia internasional lewat industri pariwisatanya. Justru hal ini harus disikapi dengan sungguh-sungguh oleh masyarakat.

Jika wisatawan asing berkunjung, perekonomian juga akan berputar pada tingkat bawah. Warga bisa menjual beragam barang yang dibutuhkan wisatawan asing. Kendalanya hanya pada kebersihan.

Turis asing yang pelesir ke Anambas tentu tak menginginkan laut menjadi tempat sampah. Kondisi perairan yang kotor akan membuat turis asing memilih tempat lain. Jika ini terjadi tentu sangat disayangkan.

Jika ada tetangga yang selama ini masih menganggap laut itu tempat sampah, kewajiban warga lain mengingatkannya.

“Warga yang baik pati tidak akan sembarang membuang sampah ke laut. Apabila ia lalai dan diingatkan tetangga akan berterima kasih,” ujar Alex.

Kegiatan berlangsung pukul 08.00 WIB hingga 09.30 WIB. Semua peserta bersih bersih sampah senang dengan melihat pantai bersih atas kerja sama yang baik. (hs)

Loading...