Jaga Kesehatan Tubuh Kala Mudik dengan Cara Ini

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jaga kesehatan tubuh sangat penting tatkala perjalanan mudik. Sudah menjadi rahasia, mudik atau kembali ke kampung halaman saat lebaran, sudah jadi tradisi bagi sebagian orang Indonesia. Berbagai daya upaya dilakukan supaya bisa pulang kampung.

Selain dana diperlukan juga kondisi fisik yang prima, dan mental yang baik. Terkait hal itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI membagikan dua hal yang harus diperhatikan oleh yang pulang kampung.

Pertama, Jaga Kesehatan

Pertama, sebelum sebaiknya lebih dulu memeriksakan kesehatan. Apalagi, jika selama ini sudah ada keluhan terhadap penyakit tertentu.

Jangan abaikan hal ini, meski merasa sehat dan prima. Siapkan obat-obatan pribadi, yang kira-kira dibutuhkan selama perjalanan maupun di tempat tujuan.

Kendaraan yang akan dipakai untuk mudik juga harus diperiksa kondisinya. Agar, layak dan tidak membahayakan penumpang serta mobil lainnya di jalan.

Jaga kesehatan jangan lupa mencermati makanan, agar terhindar dari berbagai penyakit. Makanan pedas dan bersantan sebaiknya dihindari. Bagi pengemudi sebaiknya lebih memperbanyak makan buah-buahan.

Seperti jeruk, pisang, mangga, belimbing atau apel. Kurangi makanan tinggi kalori, dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga.

Istirahatlah yang cukup. Karena kurang istirahat bisa memicu timbulnya penyakit, dan tidak fit.

Jaga Emosi

Kedua pada saat sedang pulang kampung, jalan raya bisa dipadati puluhan ribu kendaraan. Semua bergegas untuk cepat sampai ke tujuan.

Kondisi ini tentu tidak saja memicu kelelahan fisik tapi juga mental. Karenanya, jagalah emosi, dan konsentrasi selama perjalanan. Agar, dapat memperhatikan rambu-rambu lalu lintas selama berkendaraan.

Hal lain yang perlu diingat, tubuh bukanlah mesin yang bisa dipaksa bekerja selama mungkin. Saat di perjalanan, jangan paksakan diri untuk terus berjalan dan memacu kendaraan. Terutama jika merasa lelah, dan mengantuk.

Karenanya, pemudik khususnya pengemudi diimbau berisitirahat setelah mengemudi empat jam perjalanan. Jaga kesehatan dengan menjaga emosi.

Pasalnya, bila seseorang telah mengemudikan kendaraannya lebih dari emoat jam. Maka, akan terjadi penurunan kesigapan tubuh maupun respon tubuh. Sehingga, rawan untuk terjadi kecelakaan.

Cari tempat istirahat atau rest area, dan usahakan mengambil beberapa waktu untuk istirahat/tidur (minimal 15-30 menit). Bila di perjalanan sakit, segera mencari pos kesehatan yang terdekat.

Manfaatkan Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Dikutip dari situs depkes.go.id, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, dr. Bambang Wibowo, SpOG (K), MARS mengatakan Kemenkes sudah menyiapkan total 6.047 fasilitas pelayanan kesehatan di jalur yang dilintasi. Dari pos kesehatan, puskesmas, RS, KKP dan PSC.

“Saya mengajak seluruh masyarakat, untuk bersama pemerintah berpartisipasi, dan mendukung kelancaran mudik pada tahun ini,” kata Bambang.

Bambang pemudik, pengemudi, dan masyarakat umum, agar dapat pulang kampung dengan sehat. Kemudian, aman dan selamat.

”Semoga fasilitas kesehatan di jalan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya,” tambah Bambang.

Hal ini disampaikannya pada Temu Media Kesiapan Sektor Kesehatan dalam Penyelenggaraan Mudik Lebaran 2019 di Gedung Kemenkes, Jakarta, Kamis (23/5). (mat)

Loading...