free page hit counter

Warga Tanjungbatu, Kundur, Terima Sertifikat Tanah Gratis

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sertifikat tanah gratis oleh pemerintah membuat Balai Pemuda, Tanjungbatu, Kundur, Kabupaten Karimun, Kepri, ramai oleh warga, Rabu (10/4/2019). Penyerahakannya dilakukan oleh Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun.

Disampaikan oleh H Nurdin Basirun, progam penyerahan sertifikat tanah sendiri adalah bentuk perhatian pemerintah.

“Sertifikat tanah ini merupakan alat bukti dan hak yang diperuntukan bagi masyarakat. Di dalamnya terdapat kepastian hukum yang sah akan kepemilikan tanah,” ujar Nurdin, dikutip dari humaskepri.id.

Menurut Nurdin dengan adanya sertifikat tanah ini tentu menjadi kemudahan bagi masyarakat. Tidak ada kekeliruan tentang kepastian hukum, karna telah memiliki bukti nyata dan tertulis. Nurdin meminta masyarakat dapat menggunakannya dengan arif dan bijaksana.

“Kemarin saat  Bapak Presiden Joko Widodo ke Batam, kami berbincang tentang hal ini. Lantas Bapak menginstruksikan saya ikut menyerahkan langsung dan beliau menyampaikan salam kepada seluruh masyarakat di Kepri,” sambungnya lagi.

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan ucapat terima kasih baik kepada Pemerintah Pusat, Provinsi juga BPN. Ia berharap penyerahan sertifikat tanah ini semakin memudahkan masyarakat terkait proses hukum dan hak yang dimiliki.

“Kami berharap program ini dapat terus bejalan sehingga untuk Karimun sendiri dapat 100 persen tercapai secara merata,” ujar Aunur.

Yang Terdaftar 72,06 Persen

Kemudian, Kakanwil Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kepri Asnawati melaporkan sampai tahun 2019 ini untuk Kepri sendiri terdapat 756.256 ribu bidang tanah. Yang telah terdaftar sebanyak 546.376 ribu bidang dengan persentase 72,06 persen.

“Dalam capaian target dua tahun kebelakang tersebut, sehingga kami butuh waktu tiga tahun lagi dan pads tahun 2023 seluruh bidang tanah di Kepri telah terdaftar,” ujar Asnawati.

Titi, warga Urung, Kundur mengaku bahagia dengan adanya program Pemerintah yang mana sudah hampir 6 bulan lamanya dirinya menunggu proses dan hari ini bisa didapat.

Begitupun Mesdi yang menjadi pedagang dan R Murat, nelayan, yang juga ikut senang serta berbangga hati dengan telah selesainya proses mendapatkan sertifikat tanah.

Hadir di acara ini Anggota DPR RI Dapil Kepri Ria Dwi Latifa, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Kadis Pendidikan M Dali.

Kadis Ketahanan Pangan Ahmad Izhar, Kadis PMD Sardison, Kaban Kesbangpol Lamidi, Kabiro Umum Martin Maromon, OPD Kabupaten Karimun. Juga Camat dan Lurah beserta masyarakat Kundur. (mat)

Bagikan berita
  • 94
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •