Transportasi ke Pulau Anambas, Panduan untuk Traveller

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Anambas adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepri yang memiliki keindahan alam menawan. Banyak yang bertanya transportasi ke tempat ini. Berikut panduan yang bisa digunakan oleh para traveller terkait transportasi ke Pulau Anambas.

Sebelumnya kita intip keindahan yang ada di Kabupaten Anambas. Di sini ada 238 pulau yang sangat mungkin bisa dikembangkan sebagai destinasi wisata. Salah satu pulaunya, yaitu Pulau Bawah bahkan dalam survei CNN Travel, pernah dinobatkan sebagai pulau terindah se-Asia.

Transportasi Pesawat Terbang

Jika ingin mengunjungi Anambas dengan pesawat, penerbangan ada di Bandara hang Nadim, Batam. Hasil pengecekan suarasiber di traveloka.com, penerbangan dari bandara ini ke Bandara Letung di Jemaja, Anambas harga tiketnya Rp659 ribu. Harga ini dicek pada hari Kamis, 18 April 2019.

Penerbangan menggunakan maskapai Wings (Lion Air Group) ini berangkat pukul 12.30 WIB dan landing di Bandara Letung pukul 13.35 WIB. Lama penerbangan 1 jam 5 menit.

Suarasiber mengetikkan tanggal penerbangan 7 Agustus. Alasannya, tanggal tersebut adalah hari biasa. Bukan waktu liburan atau hari besar yang biasanya harga tiket pesawatnya lebih mahal.

Saat digunakan kata kunci tanggal 2 Juni 2019, artinya menjelang Idul Fitri, harga tiketnya Rp828 ribu.

Seminggu 4 Kali Penerbangan

Hingga saat ini, penerbangan Wings Air dari Bandara Hang Nadim, Batam ke Bandara Letung, Jemaja, Anambas baru bisa dilayani 4 kali seminggu.

Jadwalnya yaitu pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Jumlah penerbangan ini mulai doperasikan Wings Air pada tanggal 10 Februari 2019 lalu.

Dari Batam, pesawat berangkat pukul 12.30 WIB. Sementara dari Bandara Letung, Jemaja, Anambas berangkat pukul 13.55 WIB menuju Bandara Hang Nadim, Batam.

Dari Batam ke Anambas tersedia 72 kursi yang bisa dipesan calon penumpang. Sementara dari Anambas ke Batam menyediakan 65 kursi penumpang.

Transportasi Kapal Laut Cepat

Jika ingin mencoba pengalaman melalui transportasi laut, bisa dipilih mau dari Batam atau Tanjungpinang.

Jika dari Batam, dari Bandara Hang Nadim naik taksi ke Pelabuhan Telaga Punggur. Tujuannya Pelabuhan Letung dan Tarempa.

Sementara kalau dari Tanjungpinang, melalui Pelabuhan Sri Bintanpura dengan tujuan yang sama, Pelabuhan Letung atau Tarempa.

Dari Batam ada kapal cepat Blue Sea Jet. Kapal penumpang cepat ini berangkat dari Batam Selasa, kamis dan Sabtu pukul 06.00 WIB. Harga tiketnya berkisar Rp450 ribuan.

Sementara dari Anambas ke Batam, Senin, Rabu, dan Jumat pada jam yang sama. Lama perjalanan antara 6 sampai 8 jam. tergantung kondisi cuaca dan gelombang laut.

Kalau dari Tanjungpinang ke Anambas tersedia kapal cepat Seven Star Island dan MV VOC ke Letung dan Tarempa. Kedua kapal ini beroperasi bergantian tiga kali sepekan, yakni hari Senin, Rabu, dan Jumat.

Ingin Murah, Pakai Kapal Pelni

Transportasi ke Pulau Anambas dengan Kapal Pelni
Inilah salah satu Kapal Pelni yang melayani transportasi ke Pulau Anambas dari Tanjungpinang. Foto – dok/suarasiber

Nah, kalau ingin menikmati perjalanan laut dengan santai dan tidak buru-buru, pilihlah Kapal Pelni.

Jangan anggap lama perjalanan sama dengan kapal cepat yang 6 sampai 8 jam. Kapal Pelni lebih lama sampai karena singgah di banyak tempat untuk melayani warga pulau.

Jarak tempunya bisa dua kali lipat. Bahkan bisa empat hari sekali.

Kapal Pelni juga ada dua, yakni KM Sabuk Nusantara yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bintanpura, Tanjungpinang. Satunya KM Bukit Raya yang berangkat dari Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Bintan.

Namun jadwal keberangkatannya harus kamu cek benar-benar karena ada kalanya kapal-kapal ini harus dock atau perbaikan.

Semoga artikel transportasi ke Pulau Anambas ini bermanfaat. Selamat berwisata. (mat)

Loading...