Tour de Bintan 2019 Dongkrak Target Kunjungan Wisman

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Tour de Bintan 2019 yang dibuka Sabtu (30/3/2019) oleh Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam menjadi salah satu kegiatan pwriwisata untuk mendongkrak pencapaian kunjungan wisman ke Kabupaten Bintan. Tahun ini target wisman 700 ribu.

Disebutkan oleh Wabup, Tour de Bintan 2019 merupakan iven internasional yang memang dinantikan para pebalap dunia. Sekali penyelenggaraan Tour de Bintan akan mengundang sedkitnya 4 ribu wisman ke Lagoi.

“Itu jumlah yang masuk ke Lagoi. Belum yang menginap di Trikora dan kawasan lain,” terang Dalmasri.

Melihat pengaruhnya seperti itu, tak salah jika Pemkab Bintan secara berkelanjutan menyelenggarakan iven lain seperti Bintan Triathlon, Ironman, Internasional Bintan Marathon dan Moonrun.

“Kami bangga Tour de Bintan 2019 sukses. Walaupun hujan, 4 ribuan lebih turis asing tetap datang. Masih ada belasan agenda wisata lagi, sampai akhir tahun,” kata dia.

Kabid Area IV Deputi I Kemenpar RI, Titik Lestari mengatakan, memberikan dukungan setiap iven internasional di Bintan. “Iven di Bintan ada yang masuk di 10 kalender internasional Kemenpar RI. Ada juga yang masuk di 100 kalender wisata nasional. Kami akan terus dukung, dengan harapan bisa selalu mendatangkan turis dalam jumlah banyak,” kata Titik Lestari.

Baca Juga:

Hari Ini April Mop atau April Fools Day, Berita Diragukan, Bencana Dikira Guyonan

Peserta Car Free Day Dapatkan Sosialisasi Penerimaan Anggota TNI AL

Jelang Pemilu 2019, Mahasiswa Diharapkan Jadi Agent of Change

Tips Memilih di Pileg dan Pilpres 2019 untuk Milenial dari Mahfud MD

Sementara Kadisbudpar Bintan Wan Rudi menambahkan, kunjungan wisman pada tahun 2019 juga bakal diupayakan melalui kerja sama dengan kapal pesiar Craft dan Caribbean Cruise. Sebelumnya, BRC Lagoi sudah kerja sama dengan Dreams Cruise yang membawa 4.000 turis per minggu.

Craft sendiri mampu menampung 4.000-an wisman, sedangkan Caribbean Cruise 5.000-an per minggu. Mereka tidak sandar di pelabuhan Lagoi, melainkan labuh jangkar di tengah laut. Para turis kemudian diturunkan dengan moda transportasi laut lain ke Pulau Bintan.

“Sekitar Mei nanti, sudah jalan kerja sama ini,” Wan Rudi menyebut tanggal.

Dijelaskan olehnya, target kunjungan Wisman ke Bintan 2019 yang ditetapkan 700 ribu ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya yang hanya 550 ribu dan tercapai. Pemkab optimis tercapai dengan sejumlah agenda, termasuk Tour de Bintan 2019. (mat)

Loading...