free page hit counter

Suara Terbanyak Pemilu 2019 di DPRD Kepri dari Tanjungpinang Diraih Lis Darmansyah

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Suara terbanyak Pemilu 2019 di DPRD Kepri dari Tanjungpinang diraih H Lis Darmansyah. Lis, caleg Partai PDIP dapil Tanjungpinang untuk DPRD Provinsi Kepri, meraih sekitar 19 ribu suara.

Jumlah itu lebih dari cukup untuk mengantarkan Lis ke kursi DPRD Provinsi Kepri periode 2019 – 2024.

Hal ini disampaikan Agus Djurianto, Sekretaris DPC Partai PDIP Kota Tanjungpinang menjawab suarasiber.com, Minggu (21/4/2019).

Masuknya Lis Darmansyah ke DPRD Kepri, akan membuat perubahan signifikan di lembaga itu. Sebagai Sekretaris Partai PDIP Kepri, Lis berpeluang untuk menduduki jabatan Ketua DPRD Kepri.

Dengan catatan, Partai PDIP Kepri memenangkan Pemilu 2019 ini. Jika raihan total suara partai ada di nomor dua, maka jabatan yang akan diembannya, adalah Wakil Ketua DPRD Kepri yang meraih suara terbanyak Pemilu 2019.

Partai PDIP, imbuh Agus, juga berpeluang memertahankan jabatan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang. Saat ini, PDIP sudah meraih 5 kursi, 2 dari dapil Tanjungpinang Barat/Kota, 1 dari Bukit Bestari, dan 2 dari Tanjungpinang Timur.

“Masih ada kemungkinan menambah 1 kursi lagi, dan saat ini masih proses penghitungan,” jelas Agus, yang terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kota Tanjungpinang.

4 dari 5 anggota DPRD Kepri dari Tanjungpinang Wajah Baru

Kuota dari dapil Tanjungpinang untuk DPRD Provinsi Kepri berjumlah 5 kursi. Lis, yang meraih suara terbanyak Pemilu 2019, mengisi salah satu kursi itu.

Empat kursi lainnya berdasarkan catatan suarasiber.com diprediksi akan diisi oleh Bobby Jayanto dari Partai Nasdem, Eis Aswati dari Partai Demokrat, Teddy Jun Askara dari Partai Golkar, dan Rizha Hafiz dari Partai PKS.

Prediksi masuknya wakil dari Partai PKS ke DPRD Provinsi Kepri disampaikan oleh Ketua Bidang Hukum dan Politik PKS Tanjungpinang Ismiyati ke redaksi suarasiber.com.

Menurutnya, partai PKS di posisi keempat dari lima kursi yang tersedia.

Berdasarkan data kami, ujar Ismiyati, sulit bagi partai lain untuk meraih dua kursi di DPRD Kepri dari Dapil Kota Tanjungpinang.

Ada lima partai yang masing-masing mendapatkan 1 kursi. Kelima partai itu, adalah PDIP, Golkar, Demokrat, PKS, dan NasDem.

Ini 5 Anggota DPRD Kepri dari Dapil Kota Tanjungpinang

Dari penghitungan tersebut, maka 5 orang wakil rakyat Kota Tanjungpinang yang akan duduk di DPRD Provinsi Kepri, adalah:

  1. H Lis Darmansyah (PDIP).
  2. H Teddy Jun Askara (Golkar).
  3. Eis Aswati (Demokrat).
  4. Rizha Hafiz (PKS).
  5. Bobby Jayanto (Nasdem).

Empat dari lima orang ini, adalah wajah baru di DPRD Kepri 2019-2024. Satu-satunya wajah petahana yang bertahan hanya Teddy Jun Askara.

Lis, peraih suara terbanyak Pemilu 2019, sebenarnya tidak asing di lembaga legislatif. Karena, sebelumnya juga pernah menjadi Wakil Ketua DPRD Kepri, dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang.

Empat petahana lainnya tak lagi duduk di dewan Kepri. Keempatnya, adalah Husnizar Hood dari Demokrat yang maju ke pemilihan DPR RI, dan Hj Pustoko Weni dari PDIP maju ke pemilihan DPRD Kota Tanjungpinang.

Kemudian, Sarafuddin Aluan dari Partai PPP dan Rudi Chua dari Partai Hanura.

Sedangkan Lis, yang meraih suara terbanyak Pemilu 2019 sebelumnya, adalah Wali Kota Tanjungpinang. (mat)

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •