free page hit counter

Saingi Singapura, Pelabuhan Kargo Batu Ampar Digelontor Dana 115 Juta Dolar Amerika

BATAM (suarasiber) – Pemerintah Indonesia menginvestasikan 115 juta Dolar Amerika untuk membangun Pelabuhan Kargo Batuampar Batam Kepri guna menyaingi Singapura.

Dilansir suarasiber.com dari straitstimes.com, rencana investasi tersebut diumumkan oleh Presiden Direktur Pelindo I Bambang Eka Cahyana pada hari Selasa (2/4/2019).

Dana yang digelontorkan untuk meningkatkan fasilitas penanganan kargo di Pelabuhan Batu Ampar, dalam rangka meningkatkan daya saingnya.

Pelabuhan, yang terletak di ujung utara Batam, dan menghadap Selat Singapura, akan segera menerima pengiriman tiga crane pelabuhan seluler dan 12 traktor terminal, yang dibayar sebagian dari investasi dari Pelindo I.

Pelabuhan Kargo Batu Ampar Dilengkapi Derek Lebih Besar

Pelabuhan Kargo Batu Ampar Kota Batam Kepri
Pelabuhan Kargo Batu Ampar Kota Batam Kepri. Foto -istimewa/agus widjiantoro

Ditambahkan Bambang, dalam jangka menengah, Pelindo I akan mengadakan derek peti kemas yang mampu memuat dan menurunkan barang untuk kapal yang lebih besar dan dia optimis bahwa peralatan tambahan akan meningkatkan produktivitas di pelabuhan serta mengurangi biaya operasi.

“Kami mengikuti standar pengiriman yang menuntut efisiensi di pelabuhan Batu Ampar. Ini dimulai April ini,” tambahnya.

Langkah yang dilakukan Pelindo I tak lepas dari rencana Malaysia untuk mengembangkan proyek bernilai jutaan dolar di Pelabuhan Tanjung Pelepas Johor untuk memungkinkan kapal-kapal memindahkan barang mereka ke kapal lain tanpa harus berlabuh di dermaga.

Pernyataan yang disampaikan Bambang usai pertemuan yang dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Kepala BP Batam Edy Putra Irawady dan Wali Kota Batam Muhammad Rudi pada hari Selasa.

Gubenur Kepri Sambut Gembira Pembenahan Pelabuhan Kargo Batu Ampar

Gubernur Kepri sambut gembira pembenahan Pelabuhan Kargo Batu Ampar Kota Batam Kepri
Gubernur Kepri saat menandatangai prasasti sejumlah proyek strategis di Tanjungpinang. Ia mendukung dan gembira atas pembenahan Pelabuhan Kargo Batu Ampar Kota Batam. Foto – husam kepri

Wapres Jusuf Kalla datang ke Batam untuk membuka Rakerkornas ke-29 Apindo di Swissbell Hotel, hingga memimpin Rapat Koordinasi Terkait Pelabuhan Batam di BP Batam, Batam Center Kota Batam.

Dilansir dari humaskepri.id, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mendukung penuh keinginan pemerintah pusat untuk membuat Batam semakin baik. Kebijakan yang diambil, dipastikan akan membuat Batam semakin memiliki daya saing. Apalagi keputusan-keputusan itu diambil dengan melibatkan daerah, seperti terlibat aktif dalam rapat-rapat.

“Pak JK (Wapres HM Jusuf Kalla) memang minta kami untuk aktif. Termasuk memperkuat sinergi dengan pemangku kepentingan di Kepri dan Batam agar ekonomi kota semakin baik. Termasuk pembenahan Pelabuhan Batu Ampar Kota Batam,” kata Nurdin usai mengantar kepulangan Wapres JK di Bandara Hang Nadim. (mat)

Baca Juga:

Perkuat Free Trade Zone di Indonesia, BP Bintan Buka Klinik LKPM

Petani Bintan Belum Mampu Penuhi Kebutuhan Bawang Merah dan Cabai Merah

Ini Solusi agar Listrik PLN di Tambelan Nyala 24 Jam

Sekarang Tak Bisa Lagi Seenaknya Masukkan Seseorang ke Grup WhatsApp

Bagikan berita
  • 23
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •