Outlet Bersama Syariah Jual Daging Sapi Murah

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Ramadhan 2019 diprediksi mulai, Senin (6/5/2019). Sepekan menjelang masuknya Ramadhan, Outlet Bersama Syariah di bawah pengawasan Pemprov Kepri melalui dinas terkait membuka outlet penjualan daging sapi segar murah, dan halal di Pasar Bintan Center (depan terminal), Tanjungpinang.

Di tahap awal ini setiap harinya akan disediakan satu ekor sapi. “Menjelang masuknya puasa kita siapkan satu ekor sapi sehari,” kata Jefrizal dari Dinas Pertanian Kehutanan dan Peternakan Pemprov Kepri kepada suarasiber.com, kemarin.

Foto – Istimewa

Seperti tahun-tahun sebelumnya, warga akan berbelanja sejumlah keperluan khas untuk sahur, dan berbuka puasa. Termasuk, daging sapi segar.

Penyediaan daging sapi segar itu, untuk membantu masyarakat. Khususnya, yang memerlukan daging sapi segar menjelang masuknya Ramadhan. Juga selama Ramadhan dan menjelang lebaran Idul Fitri.

Sesuai dengan hukum ekonomi, naiknya permintaan yang tidak disertai penambahan stok, dipastikan akan membuat harga barang naik.

Kemungkinan kenaikan harga ini yang diantisipasi Distanhutkan Kepri, dengan menyediakan daging sapi segar. Sehingga, masyarakat bisa tetap memenuhi keperluan daging segar dengan harga biasa.

Saat ini, Outlet Bersama Syariah di Bintan Center menjual daging sapi segar dengan harga sekitar Rp 130 ribu per Kg. Daging cincang Rp 70 ribu per Kg, begitu juga dengan iga.

“Menjelang Idul Fitri, bakal ada stok sekitar 20 – 30 ekor,” ujar Jefrizal, sembari menambahkan untuk keperluan harian masyarakat juga tetap dilayani.

Cara Menyimpan Daging Sapi

1.Cara menyimpan daging di rak kulkas

  • Pastikan suhu dalam kulkas sekitar 4º celsius. Menyimpannya di suhu yang lebih panas membuat daging rentan terkontaminasi bakteri.
  • Simpan daging pada rak khusus daging/ikan dalam kulkas.
  • Masukkan daging dalam wadah tertutup atau kantong bersih. Tutup rapat
  • Daging dan jeroannya dikemas secara terpisah
  • Daging juga harus dipisahkan dengan makanan lainnya.
  • Jika Anda hendak menyimpan daging yang sudah masak, pisahkan dari daging yang mentah atau bahan mentah apapun (tidak hanya daging).
  • Meskipun daging hewan penghasil susu ini bisa disimpan cukup lama, tidak selamanya daging bisa disimpan dalam suhu kulkas. Daging segar dalam suhu 0-4 derajat celcius hanya memiliki masa simpan 3-7 hari.

2. Penyimpanan beku (di freezer)

Daging yang disimpan dalam freezer (penyimpanan beku) dapat bertahan hingga 6 bulan. Dengan catatan, cara penyimpanannya harus tepat dan suhu freezer selalu berada dalam 0 sampai -17 derajat celcius.

Sebelum simpan daging dalam freezer pastikan daging sudah terbungkus rapat dengan plastik zip atau kotak wadah agar tidak ada udara yang masuk ke dalam daging setelah dibungkus.

Sebelum dimasukkan ke freezer, sebaiknya diberikaan tanggal terlebih dahulu untuk mengingat berapa lama Anda sudah menyimpang daging itu. Anda juga bisa membedakan mana daging yang sudah disimpan lebih lama dan mana yang masih baru, sehingga Anda dapat mendahulukan daging yang akan digunakan. Selain itu, tulis juga apa bagian daging yang Anda simpan jika ada berbagai macam bagian daging.

Menyimpan daging sapi segar di freezer membuatnya lebih awet, tapi tidak mematikan bakterinya. Maka ketika Anda memindahkan daging ke ruangan bersuhu lebih tinggi, proses tumbuh kembang bakteri akan mulai kembali. Maka, daging yang telah dikeluarkan dari freezer sebaiknya cepat-cepat dimasak untuk mencegah terjadinya pembusukan. (mat)

Loading...