NasDem Ungguli Demokrat di Tambelan, Bintan

Loading...

TAMBELAN (suarasiber) – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk Pilpres berkurang, di tiga TPS Kecamatan Bintan Timur. Jika sebelumnya hampir melebihi 80 persen pada pemungutan suara pada tanggal 17 April, kini hanya rata-rata 56 persen, Rabu (24/4) kemarin.

Warga sebagai pemilih yang menggunakan hak suara, lebih banyak mendatangi TPS, pada Rabu pagi sebelum pukul 08.00. Menjelang pukul 13.00, jumlah pemilih semakin sedikit.

“Kami nyoblos pagi-pagi, karena mau kerja. Karena, untuk pemungutan suara ulang ini, tidak ada waktu libur,” ujar seorang pemilih, usai menggunakan hak suara di TPS 12, Bintan Timur.

PSU di Kecamatan Bintan Timur, dilaksanakan di TPS 12 dan 13, Kampung Datuk, Kelurahan Kijang Kota. Serta TPS 73 di Kelurahan Seilekop. Selain itu, PSU untuk Pilpres juga dilaksanakan di TPS 02 Desa Ekang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong.

PSU di bawah pengamanan aparat kepolisian Polsek Bintan Timur dan anggota Linmas, dan dipantau oleh pihak KPU Bintan. Saksi dan petugas KPPS hadir di TPS tersebut.

Komisioner KPU Bintan Haris Daulay menyebutkan, untuk PSU Pilpres di TPS 73, terdapat 141 pemilih yang masuk DPT. Pemilih yang menggunakan hak suara pada PSU, sampai batas waktu terakhir sebanyak 79 orang.

Sedangkan di TPS 12, pemilih yang terdaftar di DPT sebanyak 286 orang, yang menggunakan hak suara sebanyak 160 orang. Untuk di TPS 13, dalam DPT terdapat 267 orang, namun yang hadir dan menggunakan hak suara sebanyak 171 orang pemilih.

“Rata-rata tingkat partisipasi pemilih pada PSU ini, 56 persen. Dari laporan KPPS, partisipasi ini berkurang dibandingkan pada Pemilu tanggal 17 April, pekan lalu. Mungkin sebagian masyarakat karena terkendala jam kerja, yang tidak diliburkan pada tanggal 24 April ini,” sebut Haris.

“Kalau yang dari TPS 02 Desa Ekang Anculai, kami belum dapat laporan, berapa pemilihnya,” sambung Haris.

Pada kesempatan lain, pelaksanaan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) untuk tiga TPS di Kecamatan Tambelan (Dapil) 2, sudah dilaksanakan, Selasa (23/4). Proses PSL untuk pemilihan DPRD Kabupaten Bintan, berjalan lancar. Dari informasi yang diterima koran ini, NasDem atas nama Agus Sutanto mendominasi dan menyaingi Partai Demokrat atas nama Najib, dalam perolehan suara pada PSL tersebut.

“PSL sudah selesai. Sekarang sedang direkap oleh petugas KPPS dan dilanjutkan ke PPK,” kata Samsul, komisioner KPU Bintan yang mengawasi proses PSL di Tambelan. ***

Loading...