free page hit counter

LSI Denny JA: PDIP Juara Pemilu 2019, 10 Parpol Lolos, 6 Parpol Butuh Big Bang

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi akan menjuarai Pemilu 2019. Sekaligus lolos nilai 4 persen parliamentary threshold (PT) bersama 9 parpol lainnya. Sedangkan 6 parpol lainnya perlu langkah besar atau big bang. Agar bisa melewati PT 4.

Prediksi ini disampaikan lembaga survei ternama dengan rekor validitas terbaik, LSI Denny JA, setelah melaksanakan survei dari tanggal 4 – 9 April 2019. Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error sekitar 2,2 persen.

Ada 2.000 responden yang disurvei LSI Denny JA. Yang disurvei denga metode wawancara tatap muka dengan menggunakan kuisioner. Dari hasil survei yang diterima redaksi suarasiber.com, Sabtu (13/4/2019), elektabilitas Partai PDIP tetap stabil sejak survei Agustus 2018 hingga April 2019.

Baca Juga: Hasil survei selengkapnya

Partai PDIP diprediksi akan mendapatkan suara antara sekitar 26,7 persen – 31,1 persen di Pemilu 2019. Partai Gerindra ada di posisi kedua dengan prediksi suara sekitar 13,4 persen – 17,8 persen. Sedangkan Partai Golkar di posisi ketiga dengan prediksi suara sekitar 11,5 persen – 15,9 persen.

Selanjutnya, Partai Demokrat di posisi keempat dengan prediksi suara sekitar 4,6 persen – 9 persen. Dan, Partai PKB di posisi kelima dengan prediksi suara sekitar 4,5 persen – 8,9 persen. Hanya 5 parpol ini yang diprediksi melewati PT dengan aman.

Ada 5 parpol lainnya yang diprediksi lolos tapi posisinya masih rawan. Kelima parpol yang posisinya rawan itu, adalah PKS, Nasdem, PAN, PPP, dan Perindo. Kelima parpol ini perlu kerja keras untuk lolos PT. Namun, tidak sampai harus melakukan big bang.

Setelah dilakukan survei setiap bulan sejak Agustus 2018 hingga April 2019, ada 6 parpol yang harus melakukan big bang. Agar bisa melewati angka ambang batas parlemen (parliamentary threshold). Dan, bisa mengikuti Pemilu 2024.

Baca Juga: LSI Denny JS: Joko Widodo – Ma’ruf Amin Menang Telak di Pemilu Presiden 2019

Menurut hasil survei LSI Denny JA, keenam parpol yang harus melakukan big bang itu, adalah Hanura, PBB, PSI, Berkarya, Garuda, dan PKPI.

Keenam parpol yang diprediksi perlu big bang untuk bisa lolos PT, prediksi perolehan suaranya di Pemilu 2019 antara sekitar 0,23 persen hingga 3,2 persen. Padahal, ambang batas PT adalah 4 persen.

Ada 5 kesimpulan di survei ini. Pertama, PDIP di ambang juara Pemilu Legislatif 2019. Kedua, Golkar dan Gerindra berebut posisi dua. Ketiga, 10 partai potensial lolos PT 4 persen, dengan catatan PKS, PPP, PAN, Nasdem dan Perindo masih rawan.

Keempat, penarik dukungan paling kuat adalah asosiasi dengan pasangan capres – cawapres, kedekatan emosional dengan partai yang pernah juara, kekuatan caleg, kekuatan jaringan media, dan grassroot. Kelima, golput diasumsikan terdistribusi secara proporsional. (mat)

Bagikan berita
  • 62
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •