Kurs Rupiah Hari Ini, Tetap Tertekan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kurs Rupiah hari ini cenderung bertahan atau nyaris sama nilainya dengan penutupan di akhir pekan lalu. Nilai tukar Rupiah dan sejumlah mata uang lainnya tengah tertekan.

Di samping karena suhu politik di dalam negeri juga pengaruh dari luar atau dari Amerika Serikat. Yang pertumbuhan ekonominya di triwulan I 2019, jauh di atas target.

Bagusnya pertumbuhan ekonomi itu berdampak pada kebijakan moneter di negara adidaya itu. Yang ikut menekan mata uang asing lainnya seperti Singapore Dollar (SGD).

Namun, semakin kondusifnya suhu politik di Tanah Air membuat Rupiah cenderung bertahan, dan sedikit menguat.

“Kurs Rupiah hari ini (nilai tukar) sekarang masih akan bertahan. Karena situasi politik sangat menentukan. Terlebih setelah Pemilu situasi tetap aman, dan kondusif,” kata Bobby Jayanto, Ketua Kadin Kota Tanjungpinang menjawab suarasiber.com, Senin (29/4/2019).

Kurs Rupiah Hari Ini Menguat Tipis ke SGD

Situasi politik di dalam negeri, diyakini memberikan pengaruh kuat terhadap nilai tukar Rupiah ke mata uang asing. Terutama ke USD, dan SGD, seperti yang terpantau suarasiber.com melalui XE Currency Charts, Senin (29/4/2019).

“Kalau kita di Tanjungpinang (Kepulauan Riau), situs itu yang jadi patokan untuk melihat pergerakan nilai tukar Rupiah,” kata Alex, seorang pengusaha di Tanjungpinang.

Dalam pantauan itu nilai tukar Rupiah ke SGD dibuka sekitar 10.370, 2, Senin (29/4/2019), menguat tipis sekitar 4,6 poin dibanding akhir pekan lalu sekitar 10.374,8, Jumat (26/4/2019) di kurs beli.

Meski nilai kurs Rupiah hari ini, cenderung menguat. Akan tetapi nilai tersebut masih lebih lemah dibandingkan sepekan sebelumnya, Senin (22/4/2019).

Saat itu, kurs Rupiah diperdagangkan dengan nilai beli sekitar Rp 10.313,4, dan nilai jual sekitar Rp10.418,2. Yang berarti nilai tukar Rupiah saat ini masih lebih lemah sekitar 56,6 poin.

“Dan diperkirakan Rupiah akan menguat, setelah ada pengumuman penetapan Presiden terpilih nanti,” ujar Bobby.

Rupiah ke USD Bertahan

Sementara itu, kurs Rupiah hari ini dibuka dengan yang sama dengan di penutupan akhir pekan lalu sekitar Rp14,117 per 1 USD, untuk kurs beli, dan Rp 14,259,0 untuk kurs jual. Kurs Dollar masih cukup kuat.

Meski sama dengan akhir pekan lalu. Namun, nilai tukar Rupiah masih lebih lemah dibanding penutupan sepekan sebelumnya sekitar Rp13,986, 0 per 1 USD untuk kurs beli. Dan, sekitar Rp14,126,0 kurs jual.

Bobby Jayanto meyakini kondusifnya suhu politik, dan keamanan di Tanah air, akan mampu membikin pasar modal percaya. “Apa lagi setelah melihat hasil penghitungan pasangan 01 makin meningkat perolehan suaranya,” sebut Bobby.

Ditambahkannya, kepercayaan investor akan bertambah besar dengan program Jokowi di bidang ekonomi. Yang sangat menarik minta investor masuk Indonesia. Hal itu sekaligus membuat pergerakan nilai kurs Rupiah hari ini, akan terus membaik, dan menguat. (mat)

Loading...