free page hit counter

KRI Usman Harun Kembali Tangkap 2 Kapal Asing Pencuri Ikan di Laut Natuna

JAKARTA (suarasiber) – Belum sebulan 2 kapal Vietnam ditangkap, KRI Usman Harun-359 dari Unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada I kembali menangkap kapal pencuri ikan di Perairan Natuna, Ahad (14/4/2019).

Dua kapal ikan yang ditengkap masih milik nelayan asal Vietnam. Kontak KRI Usman Harun-359 dengan dua kapal ikan Vietnam terhadi di posisi 05° 02’ 772’’ U – 110° 30’ 737’’ T. Posisi ini adalah Laut Natuna.

Kapal Ikan Vietnam ditangkap
Satu dari dua kapal ikan Vietnam dilihat dari KRI Usman Harun. F-dispen

KRI Usman Harun-359 melaksanakan Pengejaran, Penangkapan, dan Penyelidikan (Jarkaplid). Dilanjutkan dengan Proses Pemeriksaan dan Penggeledahan terhadap Dokumen, ABK, dan Muatan kedua KIA tersebut.

Dua kapal Vietnam ini bernama KIA BV 9888 TS, tonase 80 GT dengan nakhoda Le Van Taw, memiliki 3 ABK, bermuatan 2 palka es batu. Satunya KIA BV 8118 TS dengan tonase 80 ton, dinakhodai Chiem Van Nghiep, jumlah ABK 17 dengan muatan 1 ton ikan campuran.

Kedua kapal ditangkap saat tengah melakukan pencurian ikan. Mereka menggunakan trawl.

Komandan KRI Usman Harun-359 Letkol Laut (P) Himawan memerintahkan agar kedua kapal ikan Vietnam tersebut dikawal menuju Lanal Ranai.

Penangkapan kapal ikan Vietnam oleh KRI Usman Harun-359 ini merupakan kali kedua. Dua minggu sebelumnya KRI Usman Harun juga telah menangkap 2 kapal ikan Vietnam di Laut ZEE Indonesia tepatnya Laut Natuna Utara.

Penangkapan Kapal Ikan Asing tersebut merupakan bentuk komitmen TNI AL dalam hal ini Koarmada I dalam penegakkan kedaulatan dan hukum di laut.

Hal tersebut sesuai dengan penekanan yang disampaikan oleh Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, bahwa unsur KRI Koarmada I agar meningkatkan patroli di perbatasan. Serta tidak ragu dalam menindak tegas segala bentuk pelanggaran dan aktivitas ilegal. Seperti pencurian sumber daya alam yang ada di perairan Indonesia bagian barat. (mat)

Bagikan berita
  • 403
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •