KPU Anambas Bentuk 3 Tim Awasi Pemilu 2019

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Komisi Pemilahan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) akan membentuk tiga tim untuk melakukan monitoring pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 17 April 2019.

Ketua KPUD KKA Jupri Budi mengatakan, pembentukan tiga Tim tersebut untuk melihat secara langsung jalannya Pemilu dan Pilpres di Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang ada di daerah wilayah Anambas.

“Kita akan meninjau langsung ke TPS-TPS yang ada baik yang berada di Kota Tarempa maupun yang berada di pulau-pulau terjauh,” ujar Budi, belum lama ini.

Ia mencontohkan, tiga tim tersebut akan dibagi ke tiga Daerah Pemilihan (Dapil), misalnya Dapil 1 nanti diisi oleh Bupati , Wakil, Ketua KPUD, Bawaslu Keamanan Seperti Kapolres, Danlanal, dan lainnya.

“Kita akan meminta kepada pemerintah daerah untuk menyusun masing-masing dan siapa saja yang tergabung di dalam tim tersebut,” ujar Budi

Monitoring dilakukan bukan hanya pada saat Pemilu dan Pilpres, namun akan lakukan sejak H-1 sampai dengan H+1. Peninjauan dilakukan sejak dari pembuatan TPS dan pada saat penghitungan suara.

Hasil evaluasi Pemilu yang dilakukan di Anambas, sampai saat ini masih berjalan dengan lancar, sesuai dengan tahapan yang berdasarkan peraturan perundang-undangan.

“Alhamdulillah, hingga saat ini proses dan mekanisme Pemilu masih berjalan dengan lancar, dan kita optimis partispasi tetap tinggi sesuai harapan,’ tutup Budi. (hs)

Loading...