Khasiat Kurma untuk Ibu Hamil

Loading...

Sebagian besar dari kita menganggap kurma adalah buah yang disunatkan sebagai makanan berbuka puasa. Setiap kali Ramadan mau datang, pedagang kurma pun dengan mudah ditemui. Jenis kurmanya juga banyak, tergantung isi dompet kita.

Namun mungkin tak banyak yang mengetahui khasiat buah kurma. Padahal buah kurma memiliki khasiat untuk ibu hamil. Secara umum manfaat kurma bagi ibu hamil yang bisa dirasakan adalah lebih jarang menggunakan induksi saat persalinan. Khasiat kurma untuk ibu hamil lainnya adalah mengurangi mual, mencegah anemia, dan mengontrol gula darah. Namun temuan ini memerlukan penelitian lanjutan.

Berikut khasiat kurma untuk ibu hamil yang diolah dari id.theasianparent dan doktersehat.

Mempercepat kontraksi

Bagi ibu hamil yang usianya mendekati persalinan, kurma bisa berguna untuk merangsang kontraksi. Hal ini karena zat yang dikandungnya dapat memicu produksi hormon oksitosin dalam tubuh yang kemudian mempermudah proses persalinan.

Sebuah penelitian mengungkapkan, ibu hamil yang rutin mengonsumsi buah kurma pada akhir masa kehamilannya membutuhkan oksitosin yang lebih rendah daripada kelompok yang tidak rutin mengonsumsi kurma.

Pada beberapa kasus persalinan yang lama, misalnya diakibatkan karena fase laten yang berlangsung panjang, suntikan oksitosin diperlukan untuk menginduksi kontraksi rahim.

Membantu Tahapan Pembukaan

Persalinan normal baru akan terjadi ketika seluruh pembukaan dikatakan lengkap. Bukan berita aneh jika mendengar jarak antar waktu bukaan cukup lama. Hasil penelitian juga mengungkapkan khasiat kurma untuk ibu hamil ialah membantu pembukaan yang lebih cepat ketika akan melahirkan.

Mencegah Ketuban Pecah

Istilah ketuban pecah dini adalah istilah yang digunakan untuk wanita hamil yang mengalami pecah ketuban sebelum waktunya melahirkan. Kondisi ketuban pecah dini dapat meningkatkan risiko korioamnionitis atau infeksi pada cairan ketuban.

Setelah ketuban pecah, bakteri akan lebih mudah masuk ke cairan ketuban sehingga dapat membahayakan ibu dan janin. Dengan mengonsumsi kurma, ibu hamil akan memiliki selaput kertuban yang lebih mudah dan kuat sehingga tidak mudah pecah sebelum waktu persalinan tiba.

Sebuah penelitian mengungkapkan, ibu hamil yang mengonsumsi kurma secara rutin pada minggu-minggu terakhir sebelum persalinan, lebih jarang mengalami selaput ketuban pecah sebelum persalinan.

Membantu pemulihan pascapersalinan

Pemulihan pascapersalinan juga penting untuk seorang ibu yang baru melahirkan. Khasiat kurma pada tahapan ini ialah membantu pemulihan. Bisa diterima akal karena kurma menghasilkan oksitosin, hal itu dapat membantu proses penghentian darah serta pemulihan fungsi rahim.

Selain itu, kurma membantu menghasilkan hormon oksitosin yang dapat membantu proses menghentikan perdarahan serta pemulihan fungsi rahim.

Membantu Persalinan normal

Bagi Anda yang ingin melahirkan secara normal, salah satu asupan yang bisa Anda konsumsi adalah kurma. Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat kurma untuk ibu hamil adalah menjalani persalinan normal. Sedangkan mereka yang tidak rutin mengonsumsi kurma, peluang melahirkan normal lebih rendah.

Mencegah anemia

Manfaat kurma untuk ibu hamil berikutnya adalah kemampuannya mencegah anemia. Zat besi yang terkandung di dalamnya dibutuhkan untuk mengatasi anemia. Zat besi menjaga hemoglobin di tubuh dan memperkuat kekebalan janin dan ibu.

Menyuplai energi tambahan

Memasuki masa kehamilan, tubuh seorang wanita akan membutuhkan lebih banyak energi dibanding biasanya. Konsumsi satu cangkir air rebusan kurma setiap hari bisa memenuhi kebutuhan gula tanpa menambah kalori.

Menghindari konstipasi

Selain karena kandungan seratnya yang berguna untuk menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik, manfaat kurma untuk ibu hamil adalah mengatasi konstipasi akibat dari kehamilan. Selain itu, kurma juga bisa membuat perut merasa kenyang, menjaga berat badan ideal dan mengurangi tingkat kolesterol.

Menyeimbangkan air dan garam

Kandungan potasium pada kurma adalah sesuatu yang penting karena bisa membantu memenuhi gizi ibu hamil dengan menjaga keseimbangan air dan garam dalam tubuh. Kekurangan mineral ini bisa memicu masalah yang berhubungan dengan ginjal.

Menyediakan vitamin K untuk janin

Vitamin K tidak hanya berguna untuk menghentikan perdarahan, namun juga dapat membantu kesehatan tulang janin. Usai persalinan, bila ibu melanjutkan mengonsumsi kurma, buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin K ketika bayi menyusui.

Begitulah khasiat kurma untuk ibu hamil. Ada catatan di sini, bahwa apa yang disebutkan di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Kemudian, ibu hamil dengan kondisi khusus, sebaiknya perlu konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kurma. (man)

Loading...